Penjelasan Lengkap Tentang Surat/Ayat Makiyyah dan Madaniyah

makalah makkiyah dan madaniyah, pertanyaan tentang makkiyah dan madaniyah, makkiyah dan madaniyah pdf, macam-macam makkiyah dan madaniyah, ciri-ciri makkiyah dan madaniyah, siapa yang pertama kali mengelompokkan makkiyah dan madaniyah, klasifikasi surah makkiyah dan madaniyah, bagaimana cara mengetahui ayat makkiyah dan madaniyah

Penjelasan Lengkap Tentang Surat/Ayat Makiyyah dan Madaniyah

Yaayyuhannasu disebutkan sebanyak 20 kali dalam Al Qur'an di 9 Surah. Kalau ditemukan kalimat pembuka qalam Al Qur'an dengan Yaa ayyuhannaasu, ini kalimat umum yang biasanya digunakan oleh Al Qur'an untuk memberikan informasi pada masyarakat yang dihadapi Nabi sebelum hijrah ke Yastrib, biasanya ayat-ayat yang turun diawali dengan ya ayyuhannas. Ada pengecualian seperti Al Baqarah ayat ke-21 dan ayat ke-168. 

Umumnya ayat-ayat yang turun dengan ya ayyuhannasu turunya periode sebelum hijrah yang dalam sejarah disebut dengan Makiyyah. jadi bila ada surat-surat Makiyyah artinya surat-surat yang turun sebelum nabi hijrah dari Mekkah ke Yastrib. Madinah adalah nama yang muncul bila nabi telah sukses membangun Yastrib kurang lebih dalam periode 3 tahun menjadi suasana kota, menghilangkan resesi, menghilangkan konflik masyarakat terutama dua suku suku Aus dan Khazraj selama 6 abad sehingga menjadi kota percontohan, sukses ekonominya, orangnya jadi baik-baik maka muncullah suasana kota yang penuh dengan cahaya. Maka orang merubah namanya dari Yastrib menjadi Al Madinah Al Munawarah.

Sebelum hijrah dari Mekkah ke Yastrib, ayat-ayat Quran yang turun umumnya menggunakan Ya ayyuhannas. Kalau turun sebelum hijrah maka untuk memudahkan disebutlah istilahnya surat Makiyyah. Sehingga ada yang menyebutkan umumnya turun di Mekkah, walaupun tidak semuanya turun di Mekkah.

Lawannya atau kebalikannya dinamakan Madaniah yaitu surat-surat atau ayat yang turun setelah Nabi Hijrah. Kalau Surat-surat Makiyyah diawali dengan Ya aayyuhannaasu, sedangkan surat-surat atau ayat Madaniyah diawali dengan Yaa ayyuhalladziina aamaanuu. Ya ayyuhalladzina amaanu 89 kali disebutkan dalam Al Qur'an.

Bila ditemukan pembukanya dengan Yaa ayyuhannaasu, kecuali Al Baqarah di ayat ke-21 dan ke-168 maka umumnya itu ayat sebelum hijrah turunnya dengan nama Makiyyah. Karakter ayatnya umumnya menerangkan tentang tauhid (menuhankan Allah tentang aqidah), tentang ibadah pokok seperti shalat, tentang kisah-kisah ummat sebelumnya, tentang kisah Adam dan Iblis, ayat-ayat yang turun dengan Kalla (Disebutklan 33 kali dalam Al Qur'an di 15 surah).

Post a Comment for "Penjelasan Lengkap Tentang Surat/Ayat Makiyyah dan Madaniyah"