Pengetahuan Dasar Peralatan Tata Suara (Sound system) Untuk Pemula

Tata Suara (bahasa Inggris: sound system) adalah suatu teknik pengaturan peralatan suara atau bunyi pada suatu acara pertunjukan, pertemuan, rapat dan lain lain. Tata suara memainkan peranan penting dalam suatu pertunjukan langsung dan menjadi satu bagian tak terpisahkan dari tata panggung dan bahkan acara pertunjukan itu sendiri.

Peralatan Untuk Tata Suara (Sound system)
Salah satu contoh Mixer Audio

Tata suara erat kaitannya dengan pengaturan penguatan suara agar bisa terdengar kencang tanpa mengabaikan kualitas dari suara-suara yang dikuatkan. Pengaturan tersebut meliputi pengaturan mikrofon-mikrofon, kabel-kabel, pengolah audio dan efek suara, konsol pencampur (mixer console), penguat akhir audio (audio power amplifier) dan juga penyuaranya. Secara garis besar suatu tata suara harus paling tidak mempunyai empat unsur penting yaitu: mikrofon, pencampur audio, penguat audio dan pengeras suara. 

 

1. MICROPHONE/MIC

Microphone berfungsi mengubah getaran suara yang ditangkapnya (misalnya suara vocal) menjadi getaran listrik untuk diteruskan ke bagian penerima yaitu pre-am mic, pengiriman suara dari mic ada yang menggunakan kabel ataupun tanpa kabel (wireles). Media penghantar suara ini adalah bagian yang harus selalu dalam tampilan tata suara/soundsystem baik itu di dalam ruangan  (indoor) ataupun di luar ruangan (outdoor).
 
Sebagai pengubah atau penangkap getaran suara (transducer) kualitas dan karakteristik mikrophon haruslah disesuaikan. Pola pengarahan mikropon adalah penting untuk diperhatikan apakah itu direksional maupun omnidireksional. pemilihan berdasarkan pola pengarahan, sensitifitas mikrophon sangat menentukan kualitas audio yang akan dilalukan kedalam perangkat Audio Mixer.
 
Terdapat bermacam jenis mic yang dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan ternama seperti merk shure ,sennheiser ,talkstar, dan masih banyak lagi, perlu diperhatikan juga jenis mic harus sesuai dengan kebutuhan, sebagai contoh, mic untuk vocal adalah yang berkarakter mid-high agar frequensi suara yang dikeluarkannya akan lebih jelas.


2. EFEK VOCAL

Jika anda menginginkan suara vocal/penyanyi yang lebih peka lagi atau lebih sensitif lagi gunakanlah efek vocal, sebagai rekomendasi ada beberapa efek vocal yang bisa jadi pilihan: ALESIS microverb / midiverb, BARDL DSP, ZOOM RFX 1000/2000, PEAVEY, ROLAND RE 800, YAMAHA.

Efek vocal diatas ini sangat dibutuhkan sekali untuk menambah kekuatan mic atau merubah karakter suara seperti Reverb, delay , room, plate, hall yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Contoh seri mic yang sering dijumpai di panggung pada umumnya adalah: Shure SM58 , SM57, sennheiser, Talkstar.


3. EQUALIZER

Equalizer adalah salah satu perangkat yang dapat mengubah frekuensi suara sesuai yang kita inginkan, penempatan grafik equalizer sangat menetukan arah suara yang dihasilkan seperti high ,mid ,low. Di bawah ini beberapa contoh grafik equalizer menurut jumlah chanel.
 
Equalizer ada dalam sistem tata suara dalam dua bentuk: Equalizer grafik dan Equalizer parametrik. Keduanya dipakai dengan filter-filter End-cut.qualizer parametrik mempunyai pemutar paling tidak tiga parameter yakni: frekuensi, Perbesar-potong (boost/cut) dan Q(lebar jalur). Equalizer tersebut lumrah ditemukan berada dalam setiap kanal dalam konsul mixing, namun ada juga yang dibuat terpisah. Equalizer grafik mempunyai penggeser-penggeser yang mengacu pada sebuah kurva dari response terplot pada sebuah grafik.

Equalizer  31 channel :


    low = 20 -25-31.5-40-50-63-80-100-125-160
    mid = 200-250-315-400-500-630-800-1k-1.25k-1.6k
    high = 2k-2.5k-3.15k-4k-5k-6.3k-8k-10k-12.5k-16k-20k

Grafik 15 channel :

  •     low = 25-40-63-100-160
  •     mid = 250-400-630-1k-1.6k
  •     high = 2.5k-4k-6.3k-10k-16k

 
Beberapa pilihan equalizer yang bisa jadi pertimbangan dan pilihan untuk anda: dbx = iEQ15 ,iEQ31 ,131 ,215 ,231; peavey = PV215; EQ ,PV231 EQ ,QF 215; DOD; 4.Alesis.


4. MIXER

Mixer berfungsi mencampur dan menerima beberapa keluaran (output) dari peralatan lainnya seperti mic, gitar, organ, dan peralatan lain agar dapat dikeluarkan ke speaker. setelah menerima masukkan berbagai peralatan maka mixer ini akan mengeluarkan seluruh suara dari peralatan yang masuk untuk diteruskan pe power amply agar dapat keluar suara dari speaker. Satu hal penting dari mixer ini adalah, bahwa sebuah mixer dapat mengatur suara masing-masing alat yang masuk tanpa mengganggu peralatan yang lainnya.
 
Sebagai titik kumpul dari semua mikrofon dan juga sumber-sumber audio yang ada, Audio mixer menentukan berapa banyak kanal mikrofon yang bisa dilayani dan bagaimana nada yang dihasilkan oleh mikrofon dipadukan atau dicampur. Beberapa merek mixer yang umum dipakai adalah:

a. peavey : unity 500 ,unity 1000 ,unity 1002 ,unity 2000 ,unity 2002
b. soundcraft : Spirit ,E-series ,folio
c. mackie : onyx 1220 ,onyx 1620
d. allen & heath : Zed 12FX


5. POWER AMPLY

Power amply adalah penghasil bunyi atau disebut juga pengeras suara yang disalurkan ke Speaker. Ada beberapa kekuatan output Power amply tergantung kapasitas yang akan kita butuhkan. Diperlukan power atau watt yang memadai agar antara suara yang diterima dengan frequensi yang dikeluarkannya seperti high ,mid ,low bisa seimbang.
 
Audio amplifier adalah penguat akhir dari semua sinyal yang telah dipadukan oleh Audio Mixer. Besarnya penguatan diukur dalam hitungan watt (rms). tergantung dari keperluan, besarnya kemampuan penguat audio dari ratusan watt untuk pemakaian kecil seperti pesta atau acara-acara pertemuan, untuk pertunjukan besar seperti acara pertunjukan langsung musik band terkenal akan memakai ratusan ribu watt.

Beberapa kriteria power yang bisa dijadikan pilihan antara lain : peavey : CS800 ,CS800X ,CS1000X ,CS1200X ,PV1,3K,PV8.5C ,CS400X ,PV2600 ,PV3800 ,CS2000 ,CS3000 ,CS4000 ,CS4080; beta3 : T1000 ,T2000 ,T3000; crown; yorkville; absolute; yamaha; Mclelland; behringer; prince; axl audion; alesis; absolute; taso.

Masih banyak merk power yang ada saat ini, bahkan masyarakat kita pada umumnya banyak yang menggunakan power rakitan sendiri, katannya rakitan sendiri lebih memuaskan, tapi jangan salah biar bagaimana pun juga power buit up jauh sekali lebih unggul dibanding rakitan sendiri, karena design dan peralatannya sudah diukur melalui penelitian yang seksama.


6. SPEAKER

Loud speaker adalah sebuah alat audio, untuk menggetarkan udara prosesnya yaitu dari getaran listrik diubah menjadi getaran mekanik, alat utamanya yaitu: magnet, gulungan kawat, kertas atau bahan lainnya yang lebih keras. Dari maju mundurnya konus speaker itu yang terjadi adalah udara bergetar sehingga menghasilkan suara yang dapat kita dengar.
 
Speaker Peralatan yang fungsinya kebalikan dari mic, speaker berfungsi mengubah getaran listrik menjadi getaran suara agar dapat didengar oleh telinga manusia. Speaker adalah media yang mampu mengeluarkan frequensi tinggi, sedang, rendah atau disebut sebagai HIGH, MID, LOW. Terdapat beberapa kategori pada speaker, yaitu full range dan low.

Berikut beberapa pilihan speaker yang bisa anda gunakan atau direkomendasikan: JBL, Green land, BW peavey, ACR Premier & Excelent, Konzert, Audax, Soundking, Kappa.

Post a Comment for "Pengetahuan Dasar Peralatan Tata Suara (Sound system) Untuk Pemula"