Gunung Bohong, Menjadi Tujuan Wisata Alam Baru di Kota Cimahi

Gunung Bohong, Menjadi Tujuan Wisata Alam Baru di Kota Cimahi
Kaki Gunung Bohong
TEH-ENUR.COM- Gunung Bohong (Gunbo) adalah sebuah bukit yang berada di Kota Cimahi, Jawa Barat yang saat ini menjadi salah satu tujuan wisata alam warga kota Cimahi dan sekitarnya.

Bukit dengan Koordinat 06°52′33″LS 107°31′11,9″BT ini meski terlihat seperti bukit, namun penduduk Cimahi menamakannya Gunung. Penamaan Gunung Bohong dikarenakan bukit ini membentuk seperti sebuah gunung pada umumnya, tetapi berukuran kecil. Sehingga penduduk sekitar menyebutnya Gunung Bohong.


Pembangunan jalur kereta api cepat Jakarta-Bandung

Pada waktu pembangunan jalur kereta cepat bawah tanah yang menghubungkan Jakarta-Bandung, Gunung ini menjadi daerah yang terlewati jalur kereta tersebut.

Warga disekitar Gunung Bohong sempat mengeluh karena pengeboman di Gunung Bohong. Pengeboman ini dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya untuk membuat jalur kereta cepat bawah tanah yang menghubungkan Jakarta-Bandung. Akibat dari pengeboman ini banyak rumah warga di sekitar Gunung Bohong yang mengalami kerusakan.


Jalur pendakian

Gunung Bohong, Menjadi Tujuan Wisata Alam Baru di Kota Cimahi
Tangga pertama pendakian di Gunung Bohong

Sebelum dibuatkan jalur pendakian oleh TNI dari Kodam III Siliwangi, jalur pendakian di gunung Bohong bisa dikatakan sederhana dan agak sulit untuk didaki oleh masyarakat umum. Namun, kini untuk mendaki ke puncak Gunung yang memiliki Ketinggian 896 m (2.939 kaki) di atas permukaan laut (MDPL) ini tidaklah sulit dan bisa dianggap mudah, karena telah dibuatkan sengkedan atau tangga dengan memasang penahan di tanah menggunakan bambu yang ditancapkan di setiap tangga. Sehingga siapapun mampu untuk mendaki hingga mencapai puncak, dari mulai balita sampai orang tua Insya Allah bisa melakukannya.

Dengan pembuatan tangga-tangga tersebut, kini gunung Bohong dapat di tempuh oleh siapaun yang ingin meraih manfaat dari kegiatan alam (muncak) ini mulai dari balita hingga orang tua.

Gunung Bohong, Menjadi Tujuan Wisata Alam Baru di Kota Cimahi
Tanjakan pertama di Gunung Bohong

Sebelum mendaki, pengunjung dapat menikmati keindahan alam kaki gunung. Dengan melihat pemandangan ke arah utara terlihat Gunung Burangrang dan Gunung tangkuban Parahu dengan jelas. Terdapat juga area olahraga berupa lapangan sepakbola, area bermain anak-anak, dan lain-lain. Saat hari minggu dan libur besar terdapat suatu area yang dijadikan pusat hiburan anak-anak seperti perosotan, Perahu besar (Kora-kora), Komedi putar, Tampolin, kereta-keretaan, mancing ikan, dan sarana hiburan lainnya. Tak terkecuali para pedagang yang berjejer di sekitar arena bermain maupun arena olahraga dari mulai minuman, makanan ringan hingga makanan berat tersaji di sini.

Sebelum mulai ke jalur pendakian, kita akan melewati area Balap Motocros. Setelah itu kita akan memulai dengan menaiki tangga pertama yang dibuat dengan membuat tanah membentuk sengkedan dan diberi pato-patok bambu.

Sepanjang perjalanan menuju puncak, Anda akan melihat pemandangan pepohonan khas pegunungan yang sayang kalau dilewati. Terdapat empat shelter atau tempat istirahat untuk anda yang ingin melepas lelah setelah menaiki anak tangga. Selain itu disediakan pula tempat sampah berupa kantung plastik besar di sepanjang jalur pendakian yang diletakkan di pepohonan.

Gunung Bohong, Menjadi Tujuan Wisata Alam Baru di Kota Cimahi
Penampakan Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Parahu dilihat dari puncak Gunung Bohong

Pada awal pendakian anda akan dipaksa untuk melewati tanjakan yang cukup curam sebelum sampai di shelter pertama. Pada tanjakan pertama ini diharapkan untuk berhati hati agar tidak terjatuh, triknya adalah dengan membongkokkan badan ke depan untuk mengurangi gaya gravitasi, sehingga kita tidak terjatuh ke belakang.

Setelah melewati tanjakan pertama, kita akan menemukan shelter pertama berupa kursi-kursi kayu dan jalur pendakian yang landai (rata). Cukup jauh jalur landai yang kita lewati ini.... namun lama kelamaan jalanan akan sedikit demi sedikit menanjak namun tidak terlalu terjal.

Gunung Bohong, Menjadi Tujuan Wisata Alam Baru di Kota Cimahi
Warung di puncak Gunung Bohong

Tibalah kita ke shelter kedua, di shelter inilah kita harus menyiapkan tenaga, karena di depan akan melalui tanjakan yang cukup terjal. Namun semua lelah akan hilang dengan pemandangan alam yang indah dan saling tegur sapanya orang yang naik dengan yang turun.

Setelah melewati sebuah belokan tajam kita akan melewati tanjakan yang sangat terjal dan agak jauh sebelum sampai ke Puncak Gunung bohong ini.

Akhirnya semua lelah dan keringat yang bercucuran hilang setelah melihat keindahan alam Kota Cimahi yang dapat kita lihat dari puncak Gunung ini.

Gunung Bohong, Menjadi Tujuan Wisata Alam Baru di Kota Cimahi
Alun alun / puncak Gunung Bohong

Puncak gunung Bohong berupa alun-alun atau lapangan kira-kira seluas seperempat lapangan bola. Di puncak ini terdapat tiang bendera yang ditopang rangka besi. Di sebelah barat kita dapat melihat pegunungan yang terhampar. Sementara bila kita melihat ke arah utara kita bisa melihat dua gunung yang terkenal yaitu Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Parahu.

Gunung Bohong, Menjadi Tujuan Wisata Alam Baru di Kota Cimahi
Tower/tiang bendera di Gunung Bohong

Untuk Anda yang ingin ke Gunung Bohong sangat mudah, anda tinggal naik angkot dari terminal angkot Pasar Baru Cimahi Jurusan Contong dan minta turun di Lapang Tembak.

Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video di bawah ini:

Post a Comment for "Gunung Bohong, Menjadi Tujuan Wisata Alam Baru di Kota Cimahi"