Heboh PR matematika anak SD di FB

Heboh PR matematika anak SD di FB

PR matematika
Hari minggu yang lalu media sosial Twitter dan Facebbok dihebohkan oleh sebuah posting gambar yang diambil dari PR matematika seorang anak sekolah yang dinyatakan salah semua oleh gurunya.

Muhammad Erfas Maulana adalah mahasiswa Teknik Mesin di Universitas Diponegoro. Ia mencoba membantu mengerjakan PR matematika adiknya tersebut mempertanyakan alasan guru yang menyalahkan jawaban tugas itu.

Meski seluruh Hasil PR matematika tentang operasi perkalian tersebut benar, mamun guru murid tersebut mengganggapnya salah, bukan hasil yang menjadi pertimbangan gurunya tersebut namun terlebih karena proses perkalian tersebut.

Dalam soal tugas itu, guru meminta adik Erfas untuk menyatakan 4+4+4+4+4+4 dalam operasi perkalian.

Adik Erfas menuliskan jawaban bahwa 4+4+4+4+4+4 = 4x6. Jawaban itu, menurut Erfas, seharusnya benar. Namun, ternyata sang guru menyalahkan. Menurut guru, jawaban yang seharusnya adalah 6x4.

Saya jadi ingat ketika masih duduk di bangku sekolah SD, alm bapak saya pernah mengatakan bahwa bila ada perkalian misalnya 3X4 maka maksudnya adalah tiga kali empatnya jadi bila dituliskan adalah 4+4+4.

Sama seperti bila kita mendapat resep obat dari dokter 3x1 artinya sehari 3 kali masing masing satu tablet. kalau kita membenarkan PR matematika yang dikerjakan adik Erfas, maka 'resep obat dari dokter 3x1' artinya sekali minum 3 tablet, wah bahaya dong.

Contoh lainnya misalnya, 1x24 jam tamu wajib lapor, artinya dalam 24 jam sekali lapor. bukan 24 kali lapor dalam satu hari

Namun saya juga tidak menyalahkan adik evan, karena kita tidak tahu apakah sebelumnya guru tersebut pernah memberi contoh atau menerangkan tentang proses perkalian tersebut atau tidak.
Read More
Membuat Lampu Berbahan Bakar Minyak Goreng

Membuat Lampu Berbahan Bakar Minyak Goreng


Di daerah saya sering sekali terjadi mati listrik atau mati lampu, saking seringnya dalam seminggu bisa dua atau tiga kali terjadi.

Padahal tempat saya tinggal bukanlah daerah terpencil atau pelosok, namanya aja udah kota, tapi itulah kenyataannya, kami di daerah selatan sering mengalami matinya listrik.

Seperti kejadian tadi sore, listrik padam selama kurang lebih dua jam, dari mulai pukul 17.30 sampai 19.30. Pada awalnya saya anggap biasa saja karena saya memiliki lampu darurat atau dikenal dengan lampu emergency.

Satu jam pertama lampu darurat masih terang, namun lama kelamaan menjadi redup bahkan sampai mati, lalau saya nyalakan lilin, namun niat itu saya urungkan karena saya kasihan pada anak saya yang masih bayi, takutnya asap dan bau lilin berbahaya bagi kesehatannya.

Lalu saya mencoba membuat sendiri penerangan yang dibuat dari sedikit kapas yang direndam dalam minyak goreng.

Alhamdulillah api dari minyak yang terbakar tidak menimbulkan jelaga dan bau yang menyengat.

Api dapat bertahan lama dengan tiga sendok minyak goreng yang saya tuangkan dalam mangkuk kecil. sampai listrik menyala kira-kira pukul 19.30, api masih menyala.

Bagi anda yang mau mencoba di rumah silahkan dilihat pada gambar, mudah bukan?
Read More
Cara memasang Regulator Kompor Gas

Cara memasang Regulator Kompor Gas

Kupon program perangkat LPG bersubsidi
Kupon program perangkat LPG bersubsidi
Halo pembaca yang budiman, selamat ketemu lagi dengan posting dari saya, Kali ini admin akan berbagi tips yang terkait dengan penggunaan regulator kompor gas.

Kebetulan siang tadi di daerah saya baru dibagikan "Kupon program perangkat LPG bersubsidi" dengan harga 35 ribu rupiah. perangkat LPG yang diperoleh berupa satu perangkat regulator+selang+pengunci+rubber seal valve.

Perlu diketahui bahw saat ini perangkat LPG serupa dapat dibeli di toko dengan harga 70 sampai 85 ribu rupiah ditambah pipa seng pelindung selang dan regulator khusus yang memiliki indikator penunjuk isi gas.

Setelah saya periksa ternyata di belakang dus temoat perangkat LPG bersubsidi itu terdapat petujuk penggunaan, perawatan, pengecekan, dan peringatn terkait  perangkat LPG ini. berikut hal-hal yang saya temukan tersebut:


Petunjuk penggunaan
  • Hubungkan selang gas dengan pipa masukan yang ada pada belakang kompor gas lalu masukkan clamp ke selang.
  • Setelah masuk, kunci selang gas yang telah terhubung dengan pipa kompor menggunakan clamp, kemudian kencangkan menggunakan obeng
  • masukkan clamp yang lainnya ke selang, lalu hubungkan ujung selang gas lainnya dengan bagian regulator untuk  saluran gas.
  • Kunci selang gas dan saluran selang pada regulator menggunakan clamp kemudian kencangkan menggunakan obeng
  • Pasangkan regulator pada Valve tabung gas lalu tekan ke arah bawah, kemudian putar kontrol knop regulator ke kanan secara perlahan sambil menekan ujung atas regulator dengan telapak tangan, pastikan posisinya sudah pas.
  • Cobalah untuk menyalakan kompor.

Hal-hal yang umum terjadi
  • Apabila selang regulator kompor dan tabung gas sudah dihabungkan namun kompor tidak menyala maka ketuklah ujung saluran regulator dengan tangan agar gas mengalir dengan baik.
  • Atau bila tetap tidak menyala, lepaskan regulator dari tabung, longgarkan clamp dan cabut selang dari regulator. lalu lihat pada mulut regulator yang tadi berpasangan dengan selang, biasana di situ terdapat bola logam yang menyumbat, tekan menggunakn lidi agar bola legam tersebut masuk. setelah itu pasang kembali selang dan regulator pada tabung dan coba dinyalakan kembali.
Selang Regulator Kompor Gas
Perangkat LPG bersubsidi
Perawatan dan pengecekan
  • Setiap kali pergantian tabung gas bersihkan saluran masuk maupun pengeluaran pada regulator.
  • Jika tercium bau gas dan atau terdengar suara gas, cabut regulator segera dari tabung gas lalu cek rubber seal valve (karet) pada tabung gas dan kontrol kenop pada regulator
  • Jika masalah di atas masih terjadi berarti regulator harus segera diganti.
  • Bila terjadi perubahan dimensi (selang gas mengembang), retak ataupun terlihat pori-pori terbuka pada selang gas, segera ganti selang gas tersebut dengan yang baru.

Peringatan
  • Sebaiknya jangan mencabut regulator dari tabung gas pada saat kompor sedang menyala
  • untuk mengecek kebocoran sebaiknya gunakan air atau sabun namun jangan menggunakan benda lain yang mudah terbakar.
Petugas sedang melayani pembelian perangkat LPG
Penutup

Pembagian Kupon program perangkat LPG bersubsidi ini sangat bertolak belakang  dengan keadaan saat ini di mana tabung gas LPG 3kg begitu langka, meski ada, dijual dengan harga tinggi sekitar 20 ribu per tabungnya. Jauh sekali dengan saat pertama tabung ini muncul yakni sekitar 12 ribuan.
Read More
Cara Mengatasi Susah BAB tanpa Obat

Cara Mengatasi Susah BAB tanpa Obat

obat BAB

Ternyata untuk mengatasi susah buang air besar (BAB) tidak selalu harus dengan meminum obat, ada cara sederhana namun ampuh untuk membuat BAB anda lancar. Hal ini Saya dapatkan dari seorang Dokter di daerah Cimahi yang bernama Waluya Jati.

Pengalamn ini saya dapatkan tadi siang, ibu saya minta diantar ke seorang dokter prakterk yang dekat dengan rumah ibu saya. Ibu meminta saya untuk mengantarnya berobat, karena beberapa hari yang lalu beliau susah buang air besar.

Ibu menjelaskan bahwa Susah BAB terjadi dua hari yang lalu, saat itu kira pukul 4 pagi tiba-tiba perut ibu saya kurang nyaman seperti terisi penuh. Dan seterusnya hingga dua hari berturut-turut susah untuk BAB.

Singkat cerita kamipun sampai di klinik tempat dokter itu praktik, setelah dipanggil selanjutnya ibu saya menjelaskan apa yang dirasakannya selama ini, Dokter yang memeriksa menjelaskan bahwa perut ibu saya kedinginan, hal itu berhubungan dengan waktu kejadian yakni pada jam 4 pagi kondisi suhu menurun drastis, apalagi sekarang bertepatan dengan musim kemarau dimana suhu sangat dingin.

Saat suhu dingin tersebut perut ibu saya yang suidah tua tidak kuat menerima suhu dingin tersebut.

Untuk mengobati sakit yang diderita, dokter memberikan dua jenis obat yakni obat untuk mengobati kembung dan obat untuk memperlancar BAB.

Setelah ibu saya diperiksa, dokter memberikan solusi tentang Cara Mengatasi Susah BAB tanpa Obat, ia mengatakan untuk memperlancar BAB adalah dengan menyemprotkan air ke dalam anus, yakni dengan menggunakan selang penyemprot yang biasa terdapat pada closet duduk.
Ibuku
Ibuku sedang menunggu panggilan untuk diperiksa dokter

Sebelum digunakan sebaiknya olesi dulu daerah di sekitar anus dengan sabun untuk menjaga kebersihan selang penyemprot.

Dokter menjelaskan, banyak keuntungan dengan menyemprotkan air ke dalam anus, yakni:
  1. Kita dapat mengatur waktu kapan kita mau BAB, 
  2. Membuat daerah anus bagian dalam lebih bersih, bebas dari sisa kotoran yang biasanya tersisa bila kita membersihkan sisa kotoran sehabis BAB dengan cara bilas biasa.
  3. Cara ini dapat membuat tubuh lebih segar, peredaran darah lancar, dan kerja jantung lebih ringan karena tidak memerlukan tenaga untuk ngeden/mengeran.
Selain itu dokter menyarankan pula agar ibu saya yang sudah berusia lanjut untuk BAB menggunakan Toilet/WC duduk, agar membuat nyaman saat BAB, serta adanya Selang penyemprot yang terdapat pada semua jenis toilet duduk.

Terakhir dokter menegaskan bahawa cara BAB dengan teknik penyemprotan ke dalam anus adalah cara paling aman dibanding meminum obat yang biasa dijual bebas untuk memperlancar BAB.
Read More
Blog Teh Enur belum memenuhi syarat AdSense

Blog Teh Enur belum memenuhi syarat AdSense

mendaftar adsense lewat blogger
Hari ini saya iseng-iseng membuka tab penghasilan di akun blogger, ternyata di dalamnya ada tampilan pendaftaran adsense lewat blogger, namun ada yang membuat saya tertarik, yakni tulisan di bawah nya yang berbunyi: "Blog Anda belum memenuhi syarat AdSense"

Lalu saya coba untuk membuka tautan di kanan bawah yakni "Pelajari lebih lanjut". Maka sayapun dibawa ke adsense bantuan "Kelayakan untuk berpartisipasi di AdSense", di sana saya baca beberapa persyaratan blog yang layak untuk mendaftar adsense, diantaranya yaitu:
  • Harus memiliki situs web agar dapat berpartisipasi
  • Adsense hanya dapat menerima permohonan dari pemohon yang berusia lebih dari 18 tahun
  • Situs harus mematuhi kebijakan, persyartan dan ketentuan Google adsense
  • dan situs harus sudah berusia lebih dari 6 bulan.
Akhirnya sayapun paham bila blog saya yang sederhana ini masih baru, belum satu bulan mana mungkin bisa mendaftar.

Selain itu bila kita mengkaji lebih dalam ternyata banyak pula peraturan yang harus dipatuhi agar dapat bekerjasama dengan program periklanan atau yang disingkat dengan PPC ini.

Meski demikian saya tidak berkecil hati karena tujuan awal saya ngeblog adalah untuk mencurahkan isi hati atau apapun yang dapat berguna bagi pembaca yang mau mampir ke blog saya.

Mungkin suatu saat bila blog ini sudah bagus di mata pembaca, bisa saja saya ikut program PPCdari Adsennya Google ini, yang kata orang memperoleh penghasilan dari internet itu nikmat....hehe.



Read More
Enaknya Makan Bakso Malang

Enaknya Makan Bakso Malang

Voucher belanja

Halo pembaca, ketemu lagi dengan postingan saya. Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang kegiatan saya kemarin abis jalan-jalan terus makan bakso gratis di Jogja.Dept.

Bukan karena lagi banyak duit, tapi kebetulan hari itu saya dapet Voucher belanja gratis dari Bank BRI karena menjadi nasabah barunya. Ngak banyak sih cuma senilai 50rb, tapi bagi saya itu merupakan rizky yang patut disyukuri.

Sebenarnya saya jarang sekali jalan-jalan keluar kalo ngk ada perlu penting, namun kali ini perjalanan itu disengaja karena bisa bvelanja gratis.

Singkat kata Sayapun pergi menuju Jogja Dep.tst. setibanya di dalam saya langsung menuju swalayan dan mencari marang yang murah agar tidak melebihi kemampuan. Saat itu saya agak kaku karena melihat orang lain yang emang sengaja untuk belanja dengan membeli begitu banyak barang.

Tiba saatnya berhitung di kasir, setelah dihitung, jumlah yang harus dibayar adalah sebanyak 100rb-an. namun saya tidak membayar sebanyak itu karena dipotong voucher  50rb.

makan bakso
Setelah dibayar, sayapun menuju area makan, kebetulan waktu menunjukkan sekitar pukul 13an. Perhatian saya tertuiju pada bakso malang yang memang salah satu makanan faforit saya.

Baksonya sih memang enak tapi harganya itu loh..... satu porsi 20rb. Waduh jauh sekali kalo saya beli di mas-mas tukang bakso yang biasa lewat depan rumah, paling mahal 7rb-an.
Read More
Cara Membayar BPJS Pakai ATM

Cara Membayar BPJS Pakai ATM

loket dadakan BRI
Petugas BRI saat melayani Pembuat Kartu BPJS
Ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang pendaftaran BPJS. Sekarang yang akan dibahas adalah tentang cara pembayarannya.

Setelah kita mendaftar untuk pembuatan kartu BPJS, biasanya akan mendapat nomor Virtual Account kita, selanjutnya dengan nomor tersebut kita membayar sejumlah uang ke Bank yang ditunjuk, seperti BRI, Bank Mandiri, dan BNI menurut kelas yang kita ikuti.

Sebelumnya pembayaran awal BPJS biasa dibayar ke BRI secara penyetoran langsung ke loket BRI, namun sekarang ini pihak Bank BRI menyarankan agar pembayaran awal dan seterusnya dilakukan melalui transfer lewat ATM.

Saat ini BRI sedang mengadakan gebyar, bagi anda yang belum memiliki kartu ATM BRI disarankan mendaftar menjadi Nasabah dengan nilai nominal awal tabungan sebesar 100 ribu.

Namun bila Pemegang kartu BPJS yang belum siap menjadi nasabah Bang BRI dapat dibantu transfer untuk pembayaran awal BPJS oleh Petugas bank dengan menggunakan kartu ATM petugas tersebut.

Kebetulan Saya belum menjadi nasabah bank BRI, jadi saya putuskan untuk mendaftar. selanjutnya Saya diajarkan oleh petugas bank tentang cara-cara membayar BPJS lewat ATM, berkut tahapan-tahapan membayar BPJS pakai ATM BRI:
  1. Masukkan kartu ATM BRI
  2. Pilih: Bahasa
  3. Pilih: Lanjutkan
  4. Masukkan PIN (enam digit angka)
  5. Pilih: Transaksi lain
  6. Pilih: Pembayaran
  7. Pilih: Lainnya
  8. Pilih: Lainnya
  9. Pilih: BPJS (bila tidak ada BPJS,Pilih BRIVA )
  10. Pilih: BPJS kesehatan
  11. Masukkan 5 digit kode bank BRI (88888) diikuti dengan No Viirtual Account, misalnya: 888880123456789
  12. Pilih: Bayar
  13. Ambil kartu ATM anda kembali beserta slip bukti pembayaran BPJS Kesehatan
Read More
Tujuh Jam Bikin Kartu BPJS Aduh Pegel

Tujuh Jam Bikin Kartu BPJS Aduh Pegel

ngantri BPJS
Antrian yang sudah dimulai pukul 6.30
Assalamualaikum para pembaca blog, ini adalah postingan pertama, setelah sekian hari akhirnya dapat juga bahan untuk dibagikan.

Hari ini termasuk hari yang melelahkan bagi saya karena seharian tadi saya abis bikin kartu BPJS tambahan untuk anak Saya yang baru lahir dua bulan yang lalu.

Sebelumnya Saya pernah membuat Kartu BPJS kesehatan untuk anak Saya yang pertama namun tidak seperti sekarang, dulu ngantri cuma dua jam lalu dipanggil untuk mendapatkan nomor kartu untuk selanjutnya membayar uang iyuran awal ke bank.

Pagi tadi Saya pergi dari rumah sekitar jam enaman, dengan menggunakan sepeda motor dengan santai. Namun pas sampai di tempat pendaftaran jam 6.30, di sana sudah ada orang-orang yang antri padahal loket belum dibuka pukul 7.30 dan sayapun  ikut ngantri dengan tenang, karena pengalamn sebelumnya cuma dua jam.

Waktupun berjalan, dan setelah para petugas BPJS hadir leketpun dubuka pukul 7.30. perlu diketahui bahwa antrian ini untuk mendapatkan nomor antrian sekaligus daftar isian untuk kemudian dipanggil lagi.

Sekitar jam sembilan akhirnya sayapun sampai di loket dan mendapatkan nomor antrian beserta kertas isian. Dan sayapun mendapatkan nomor antrian 93. Karena di rumah belum sempat sarapan, sayapun mencari tempat makan di dekat Loket, sepiring nasi kuning dengan harga enam ribu langsung membuat perut kenyang.

ngantri BPJS
Lamanya ngantri?, duduk aj ah...
Sampai pukul 11.49 menit nomor antrian yang dipanggil baru sampai ke nomor 49, sangat lambat sekali. Setelah saya tanya sana sini ternyata loket yang melayani cuma ada dua, sedangkan dua lai tutup karena petugasnya sedang sakit, pantas saja.

Saat  Adzan Zuhur  Sayapun mencari masjid untuk menunaikan shalat Zuhur. sekembalinya daqri masjid ternyata antrian sudah sampai ke nomor 60an, sayapun duduk-duduk di dekat loket agar mudah mendengar panggilan petugas loket. Akhirnya saekitar pukul 14an nomor saya dipanggil, setelah itu sayapun bergegas ke Bank untuk membayar pembayaran pertama.Posting ini belum selesai loh, tunggu sambunagnnya esok hari...
Read More