Cara Agar Kartu BPJS Dikirim ke Rumah

cara agar kartu bpjs dikirim ke rumah, cara cetak kartu bpjs online, cara cetak kartu bpjs kesehatan perusahaan, bpjs kesehatan go id, cetak kartu bpjs kesehatan offline, cara cek bpjs kesehatan, kapan kartu bpjs dikirim ke rumah, syarat cetak kartu bpjs

Cara Agar Kartu BPJS Dikirim ke Rumah
Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Kartu jaminan kesehatan nasional (JKN) atau kartu Indonesia sehat (KIS) atau kartu BPJS Kesehatan bisa kita dapatkan ketika sudah melakukan pendaftaran dan pembayaran pertama iuran BPJS. Peserta tidak perlu bulak-balik ke kantor BPJS, karena setelah iuran pertama dibayarkan, maka dalam waktu maksimal 6 x 24 jam atau 6 hari, kartu akan dikirimkan ke alamat rumah peserta.

Tapi sayangnya ada banyak kasus dimana kartu bpjs belum diterima, padahal sudah lebih dari 7 hari sejak dilakukan pembayaran iuran pertama, sehingga peserta banyak yang belum memiliki kartu BPJS.

Ada juga peserta yang merubah data kepesertaannya sehingga diperlukan Kartu BPJS yang baru. Namun Berbeda dengan Saya, saya adalah peserta BPJS kesehatan yang mendaftar saat awal BPJS didirikan sehingga waktu itu kartu yang diterima berwarna putih tipis menggunakan kertas HVS yang dilaminating.

Seiring waktu berjalan, kartu BPJS kesehatan Saya rusak, sobek bahkan sudah tidak jelas tulisannya sehingga diperlukan kartu pengganti yang baru.

Mungkin ada banyak penyebab kenapa kartu bpjs tidak sampai ke rumah, bisa karena alamat rumah sulit dijangkau, alamat rumah salah, atau kartu memang belum dikirim karena membludaknya peserta. Berikut ini langkah-langkah untuk permohonan agar kartu BPJS dapat dikirim ke rumah kita:

1. Unduh aplikasinya terlebih dahulu di smartphone yakni JKN Mobile yang tersedia di perangkat Android maupun iPhone.

Cara Agar Kartu BPJS Dikirim ke Rumah
 
2. Buka aplikasi JKN Mobile. Jika Anda belum mendaftar, klik opsi Daftar yang tertera pada layar di sebelah bawah lalu ikuti alur pendaftarannya.

3. Bagi peserta yang sudah terdaftar dan terverifikasi, login UserID dan Password yang digunakan untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan tadi

4. Pada tampilan utama aplikasi masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan, Password, serta kode captcha yang ditampilkan.

5. Setelah berhasil login, pilih menu "Informasi dan Pengaduan", lalu tekan tanda plus (+) di kanan bawah layar.

Cara Agar Kartu BPJS Dikirim ke Rumah

6. Setelah masuk ke menu Informasi dan Pengaduan, Klik tanda plus (+) yang ada di sisi kanan bawah layar. Kemudian isi semua data yang diminta. 

- Pada kolom 'Kategori' silahkan pilih 'Pengaduan Keluhan'. 

- - Pada kolon tanggal kejadian isi dengan tanggal hari itu juga.  

- Pada kolom Keluhan isi dengan 'Minta dikirim kartu BPJS'

 
Cara Agar Kartu BPJS Dikirim ke Rumah

7. Setelah semua diisi silahkan klik "Laporkan". Selanjutnya akan ada notifikasi bahwa Laporan diterima, dan kartu akan dikirim ke Alamat peserta.

Cara Agar Kartu BPJS Dikirim ke Rumah
Surat yang berisi kartu BPJS, diterima 5 hari setelah pengajuan.

Post a Comment for "Cara Agar Kartu BPJS Dikirim ke Rumah"