Pengertian Etika Profesi Guru Beserta Contohnya

Pengertian Etika Profesi Guru Beserta Contohnya

1. Etika

Menurut bahasa, etika diambil dari bahasa Yunani kuno yakni "ethikos" yang berarti "timbul dari kebiasaan". Sedangkan menurut istilah adalah, etika adalah sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.

Pengertian etika menurut pendapat ahli:

1. Soergarda Poerbakawatja - etika adalah suatu ilmu yang memberikan arahan, acuan, serta pijakan kepada suatu tindakan manusia.

Contohnya: Etika dalam pergaulan di masyarakat, etika dalam menjalin keakraban di kampus.

2. DR. James J. Spillane SJ -  etika adalah memperhatikan suatu tingkah laku manusia di dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan moral. Etika lebih mengarah ke penggunaan akal budi dengan objektivitas guna menentukan benar atau salahnya serta tingkah laku seseorang terhadap lainnya.

Contohnya: kita bisa melihat bagaimana kita bisa minilai seseorang tentang tingkah lakunya dalam pergaulan di kampus.

Pengertian etika menurut pendapat sendiri:

Etika adalah ilmu yang menjadi patokan manusia dalam menjalani kehidupannya di masyarakat sehingga dapat  mengambil keputusan yang berhubungan dengan moral. Dengan segala kemampuan akal budinya manusia dapat menilai sesuatu itu baik atau buruk.

 

2 . Pengertian Profesi

Secara harfiah profesi berasal dari kata profession (ingris) yang berasal dari bahasa latin profesus ang berarti “mampu atau ahli dalam suatu bentuk pekerjaan”

Secara terminologi profesi dapat di artikan sebagai suatu pekerjaan yang mempersyaratkan pekerjaan tinggi bagi pelakunya yang ditekankan pada pekerjaan mental. Sementara secara sosiologi profesi merupakan jenis model pekerjaan yang ideal, karena dalam realitanya bukanlah hal yang mudah untuk mewujudkannya dan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah profesional dalam bidangnya.

Pengertian profesi menurut para ahli:

1. Menurut Buchari Alma yang mengutip villmer dan mill yang dikutip peter jervis, profesi merupakan suatu pekerjaan yang didasarkan atas studi intelektual dan pelatihan yang khusus.

Contohnya:  pekerjaan staf akuntan merupakan pekerjaan profesi karena membutuhkan pendidikan akuntansi.

2. Ilsa Nelwan mengartikan profesi dengan memandang tiga aspek yang mengikuti makna profesi berikut,

  • kalogial yaitu bahwa pengetahuan dan kompetensi seseorang telah divalidasi atau diuji oleh lingkungan kerjaanya.
  • kognitif berhubungan dengan pengetahuan serta kompetensi tersebut berdasarkan ilmu pengetahuan yang rasional.
  • moral penilaian profesional serta saran yang diberikan serta berorientasi pada suatu nilai subtantif.

Contohnya: Profesi Dokter, Seorang dokter sudah pasti divalidasi atau diuji oleh lingkungan kerjaanya (kologial). Profesi dokterpun berhubungan dengan ilmu pengetahuan yang rasional (kognitif). Juga memilikimoral penilaian profesional serta saran yang diberikan serta berorientasi pada suatu nilai subtantif.

Pengertian profesi menurut pendapat sendiri:

Profesi merupakan sutu keahlian tertentu yang dimiliki oleh seseorang yang didapatnya melalui proses pembelajaran dan pengalaman yang ia dapat dari seorang pendidik maupun autodidak.

 

2 . Pengetian Guru

Guru (bahasa Sanskerta: गुरू yang berarti guru, tetapi arti secara harfiahnya adalah "berat") adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Secara formal, guru adalah seorang pengajar di sekolah negeri ataupun swasta yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang pendidikan formal minimal berstatus sarjana, dan telah memiliki ketetapan hukum yang sah sebagai guru berdasarkan undang-undang guru dan dosen yang berlaku di Indonesia.

Pengertian Guru menurut para ahli

1. Menurut Poerwadarminta “1996” - Guru merupakan orang yang kerjanya mengajar, dengan definisi ini guru disamakan dengan pengajar. Dengan demikian pengertian guru ini hanya menyebutkan satu sisi saja yaitu pengajar, tidak termasuk pengertian guru sebagai pendidik dan pelatih.

Contohnya: Apabila para siswa sedang diajari menulis, maka para siswa tersebutlah yang seharusnya lebih banyak mendapatkan peluang untuk menulis, bukan guru. Tugas seorang guru yang terpenting dalam hal ini yaitu memberi contoh dan dorongan persuasif kepada para siswa serta menata lingkungan belajar sebaik-baiknya, sehingga memungkinkan mereka belajar dengan mudah.

2. Menurut Zakiyah Darajat - Guru merupakan pendidik profesional karena guru telah menerima dan memikul beban dari orang tua untuk ikut mendidik anak-anak. Dalam hal ini orang tua harus tetap sebagai pendidik yang pertama dan utama bagi anak-anaknya. Sedangkan guru ialah tenaga profesional yang membantu orang tua untuk mendidik anak-anak pada jenjang pendidikan sekolah.

Contohnya: Seorang guru di sekolah formal akan memberikan pelajaran kepada muridnya untuk bisa difahami. Guru tersebut akan berusaha membuat muridnya agar bisa memahami apa-apa yang dia ajarkan.

Pengertian Guru menurut pendapat sendiri

Seorang yang memiliki ilmu pengetahuan yang mampu memberikan ilmunya kepada orang lain baik itu di sekolah, tempat les, bimbingan belajar, di rumah,maupun di tempat lainnya.

 

3 . Pengertian etika profesi guru

Etika profesi guru adalah kemampuan yang harus dimiliki dan dilakukan seorang pendidik profesional dengan segala ilmu yang dimilikinya untuk dapat mengetahui perilaku baik atau buruk selama ia menjalankan profesinya dimanapun ia berada.

Post a Comment for "Pengertian Etika Profesi Guru Beserta Contohnya"