Cara Menyambung Kabel Mic/Mikrofon (Jack) yang Benar Agar Tdak Dengung

cara menyambung, pasang kabel mic 2 kabel, mono, ke jack, ke mixer, canon, ke speaker, agar tidak dengung, mic condenser

Cara Menyambung Kabel Mic/Mikrofon (Jack) yang Benar  Agar Tdak Dengung

Pada saat pertama kali kita membeli mikrofon maka akan mendapatkan kabel mik yang dapat langsung digunakan, tetapi bagaimanakah bila kita ingin membuat kabel mik sendiri? bagi sebagian orang yang faham tentang elektronika tentu ini bukan sesuatu yang sulit, di sini Saya hanya akan berbagi sedikit ilmu yang sederhana  untuk anda yang masih awam tentang cara menyolder kabel mik, mudah-mudahan cara-cara yang Saya jelaskan nati bermanfaat bagi anda.


Dengan mengetahui cara membuat kabel mik diharapkan kita mampu membuat kabel mik sendiri dengan panjang kabel yang kita inginkan, selain itu kita akan dapat memperbaiki sendiri bila suatu saat ada masalah pada kabel mik kita. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti cara-caranya di bawah ini:


Peralatan:
  • Solder listrik 30W
  • Timah gulung
  • Tang buaya/tang monyong kombinasi
  • Obeng plus dan minus ukuran kecil

Bahan-bahan:
  • Male XLR 
  • Jack mik mono 1/4" (Male Phone jack(TS))
  • Jack mic stereo1/4"(Male phones jack (TRS))
  • Female XLR
  • Kabel mic, panjang disesuaikan dengan kebutuhan.
 
Klik ganbar untuk memperbesar
Gambar cara menyolder jack mic,phone jack & XLR
Gambar Titik penyolderan jack mic

Persiapan :
  1. Kupaslah masing-masing ujung kabel sampai terlihat kabel serabut yang dianyam(Common(1)), bukalah anyaman kabelnya lalu dipilin kira-kira 1cm dan diberi timah.
  2. Di bagian tengah terdapat kabel yang terbungkus, untuk kabel mono hanya terdapat satu kabel sedangkan untuk kabel setereo terdapat dua buah kabel. kupaslah pembungkus kabelnya sampai terlihat kabel tembaganya kemudian pilinlah dengan panjang kira-kira 5mm dan diberi timah.
  3. Siapkan  Male Phone jack(TS) / Male phones jack (TRS) 1/4", bukalah dengan cara diputar keluar selongsong,pipa plastik, dan pernya kemudian masukkkan ke kabel mic. berilah timah pada setiap terminalnya.

Cara memasang kabel mic mono ke Jack mik mono 1/4" (Male Phone jack(TS) 1/4"):


male phone jack

Solderlah kabel serabut yang sudah diberi timah(Common(1)) ke terminal Male Phone jack(TS) 1/4" yang berada di sisi bagian luar. dan bagian tengah kabel yang sudah diberi timah(Hot(2)) ke terminal Male Phone jack(TS) 1/4" yang ada di tengah, jangan lupa untuk menjepit kabel dengan plat penjepit yang menyatu dengan terminal jack.


Cara memasang kabel mic stereo ke Jack mic mono 1/4" (Male Phone jack(TS) 1/4"):
  1. Gabungkan dan solderlah kabel serabut yang sudah diberi timah(Common(1)) dengan salah satu kabel yang ada di bagian tengah kabel mic(Cold(3)) ke terminal Male Phone jack(TS) 1/4" yang berada di sisi bagian luar.
  2. Solderlah bagian tengah kabel yang sudah diberi timah(Hot(2)) ke terminal Male Phone jack(TS) 1/4" yang ada di tengah/dalam, jangan lupa untuk menjepit kabel dengan plat penjepit yang menyatu dengan terminal jack.

Cara memasang kabel mic stereo ke Jack mic stereo1/4" Male phones jack (TRS) 1/4"):
male phone jack stereo
  1. Solderlah kabel serabut yang sudah diberi timah(Common(1)) ke terminal Male phones jack (TRS) 1/4" yang berada di sisi bagian luar(ukuran terminal ini paling besar diantara ketiga terminal yang lain).
  2. Solderlah Salah satu kabel yang ada di tengah kabel mic(Cold(3)) ke terminal Male phones jack (TRS) 1/4" yang ada di posisi tengah(ukuran terminal ini sedang diantara ketiga terminal yang lain).
  3. Solderlah kabel lain yang ada di bagian tengah kabel mic(Hot(2)) ke terminal  Male phones jack (TRS) 1/4" yang ada di posisi paling dalam(ukuran terminal ini paling kecil diantara ketiga terminal yang lain).jangan lupa untuk menjepit kabel dengan plat penjepit yang menyatu dengan terminal jack.

Cara memasang kabel mic stereo ke Male XLR:
male XLR
Sambungkan/solderlah:
  • kabel serabut yang sudah dipilin dan diberi timah(Common(1)) ke terminal Male XLR nomor 1.
  • kabel Hot(2) ke terminal Male XLR nomor 2
  • Kabel Cold(3) ke terminal Male XLR nomor 3

Cara memasang Kabel mic stereo ke Female XLR:
Sambungkan/solderlah:
  1. kabel serabut yang sudah dipilin dan diberi timah(Common(1)) ke terminal Female XLR nomor 1.
  2. kabel Hot(2) ke terminal Female XLR nomor 2
  3. Kabel Cold(3) ke terminal Female XLR nomor 3


Post a Comment for "Cara Menyambung Kabel Mic/Mikrofon (Jack) yang Benar Agar Tdak Dengung"