Tips Menyolder/Mematri Alat Elektronik Untuk Pemula

Menyolder adalah suatu kegiatan yang bukan dimiliki oleh para tukang servis atau reparasi elektronik saja, orang awampun mesti mengetahuinya karena beberapa  perangkat di rumah sebagian besar terbuat dari alat elektronik, dengan mengetahui cara menyolder yang benar maka kita tidak akan kesulitan dalam memperbaiki kerusakan sederhana yang ada di rumah, misalkan saja suatu saat kabel Magic Com putus maka kita harus menyoldernya.

Cara-cara yang akan Saya terangkan di bawah adalah tekhnik yang sangat dasar dan sederhana yang semua orang bisa melakukannya selama ada kemauan, selain itu tulisan Saya ini khusus babi anda yang ingin belajar cara menyolder ataupun ingin menambah ilmu dalam bidang penyolderan. Perlu diperhatikan bahwa yang akan Saya jelaskan adalah cara mengubungkan/menyambung dua buah kabel dengan timah. Untuk lebih jelasnya silahkan diikuti cara-caranya di bawah ini:
 
 
Peralatan: 
  • solder listrik minimal 30w
  • tang yang mampu mengupas dan pemotong kabel
  • timah gulung
  • kabel pendek. 
Tips Menyolder/Mematri Alat Elektronik Untuk Pemula

Tahap-tahap menyolder:
  1. Siapkan solder lalu letakkan ujungnya di atas bantalan yang tahan terhadap panas kemudian hubungkan stekernya ke stopkontak listrik.
  2. Ambil seutas kabel kemudian kupas kulitnya sehingga terlihat kawat yang ada di dalamnya.
  3. Apabila yang dipakai adalah kabel serabut maka Untuk memudahkan dalam proses penyolderan pilinlah kabel serabut sampai menyatu dengan rapih.
  4. Apabila ujung solder telah panas maka  tempelkan timah ke ujung solder sampai ada timah yang nempel,
  5. Tempelkan ujung solder dan timah (bersamaan) ke salah satu ujung tembaga kabel sampai timah menutupi kabel (lakukan pada ujung kabel yang lain)
  6. Tempelkan kedua ujung kabel yang telah diberi timah kemudian panasi dengan solder, tunggu beberapa saat sampai timah yang ada pada masing-masing kabel meleleh dan menyatu, bila timah telah benar-benar meleleh dan menyatukan kedua ujung kabel maka lepaskan ujung solder.
Demikinlah tekhnik sederhana tentang cara menyolder. semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Post a Comment for "Tips Menyolder/Mematri Alat Elektronik Untuk Pemula"