Cara Berobat ke Rumah Sakit Santosa Bandung Menggunakan BPJS

Rumah Sakit Santosa, jalan kebon jati, Bandung
Pintu masuk RS Santosa jalan Kebon jati Bandung
Hari ini adalah pengalaman saya berobat ke rumah sakit besar bertaraf internasional yakni RS. Santosa Jalan Kebonjati Bandung. Sebagai orang yang setiap hari internetan, maka cara berobat di rumah sakitpun saya cari di Internet melalui Google.

Namun yang saya cari tidak ditemukan, yang ada hanya beberapa blog atau situs yang menerangkan tata cara mendaftar ke rumah sakit secara umum. Akhirnya dengan segala keterbatasan sayapun memberanikan diri pergi ke RS. Santosa bersama ibu saya sebagai pasiennya.

Baca juga:

Sebenarnya, saya sudah biasa mengantar Ibu saya pergi ke Rumah sakit terdekat untuk kontrol setiap bulannya. Saya fahan betul prosedur, urutan serta tempat tempat yang harus dituju dalam proses pendaftaran. Namun kali ini ibu saya harus dirujuk ke RS. Santosa untuk dilakukan MRI, karena di rumah sakit sebelumnya tidak ada fasilitas tersebut.

Untuk lebih jelasnya tentang cara daftar pasien BPJS kesehatan di RS. Santosa Bandung, berikut ini akan saya ceritakan urutannya satu persatu.


Persiapan
  1. Siapkan Berkas syarat-syarat pendaftaran dari rumah seperti Kartu BPJS/ASKES, Kartu tanda penduduk (KTP), Kartu keluarga (KK), dan surat rujukan dari Faskes 1 atau rumah sakit sebelumnya. Semua persyaratan tersebut difotokopi sebanyak dua lembar. Ingat fotokopi harus dipersiapkan dari rumah, karena di sana tidak ada tempat fotokopi, ada juga di luar RS dan sangat jauh sekali jaraknya.
  2. Usahakan pergi dari rumah pagi-pagi sekali agar tidak mendapat nomor antrian yang terlalu besar.
  3. Jangan lupa sarapan, dan bawa perbekalan seperti cemilan dan air minum biar tidak bosan saatmenunggu antrian.


Proses Pendaftaran
BPJS RS> Santosa Bandung
Ruangan pendaftaran pasien BPJS di RS. Santosa Bandung. Lingkaran merah kecil adalah tempat pengambilan nomor antrian, dan lingkaran merah besar adalah tempat pengambilan dan penulisan formulir pasien baru.

Cari Tempat gedung pendaftaran pasien BPJS yang di pintu masuknya tertulis "Poliklinik JKN". Gedung ini letaknya di luar gedung utama, tepatnya di parkiran sebelah timur lantai dasar (lantai satu). Tempatnya tidak terlalu luas.
  1. Di tempat pendaftaran BPJS ini kita harus mengambil nomor antrian yang letaknya di bagian dalam berdekatan dengan loket 4. Di sini anda tinggal menempelkan kartru BPJS / ASKES yang asli (bagian barcode) ke scanner, setelah itu akan keluar kertas yang berisi nomor antrian. Kemudian kita tinggal duduk menunggu dipanggil.
  2. Bila anda merupakan Pasien Baru di RS. Santosa ini, maka diwajibkan mengisi formulir "Pendaftraan Pasien Baru". Formulir ini nantinya disertakan dengan fotokopi Kartu BPJS/ASKES, Kartu tanda penduduk (KTP) asli, Kartu keluarga (KK), dan surat rujukan.
    Setelah dipanggil ke loket pendaftaran, kita akan mendapatkan surat pengantar untuk diserahkan ke perawat di ruang/poli yang sesuai dengan rujukan (tanyakan saja ke petugas BPJSnya tempatnya di mana). Selain itu kita juga akan mendapatkan kertas kecil untuk ditukarkan dengan kartu berobat, tempat penukaran kartu berobat adanya di lantai dua, loketnya menghadap ke utara, bilang saja ke petugasnya mau ngambil kartu berobat baru sambil memberikan kertas kecil dari pendaftaran BPJS tadi.
  3. Setelah mendapat kartu berobat, kemudian menuju tempat pemeriksaan (ruang/poli yang sesuai dengan rujukan). Serahkan saja kartu pengantar dari BPJS ke perawat yang ada, lalu tunggu untuk dipanggil ke ruang perawatan. Setelah diperiksa dokter, pasien tinggal diberi resep obat dan bisa pulang.
  4. Bila pasien diharuskan dirawat inap /Opname maka ada prosedur lainnya yang harus dilakukan, yaitu: membawa surat dari perawatan ke ruang pembayaran (lantai bawah, ruangannya berdinding kaca menghadap ke timur), bila masih ada ruangan yang kosong maka akan diberitahu letak ruangannya dan pasien dibawa ke ruang rawat inap, dan melanjutkan proses pendaftaran di bagian rawat jalan di lantai dua (loketnya menghadap ke barat). Tapi bila tidak ada ruang rawat inap yang kosong maka kita ditawarkan untuk menunggu antrian (waiting list) dengan menyimpan nomor telepon yang bisa dihubungi. Selanjutnya kita tinggal nunggu telepon dari RS. Santosa.
Demikianlah tahapan-tahapan tentang cara berobat ke Rumah Sakit Santosa Bandung Menggunakan BPJS, semoga bermanfaat, dan lekas sembuh. 
cara berobat di rumah sakit umum, langkah langkah berobat ke rumah sakit, cara berobat ke rumah sakit menggunakan bpjs, cara berobat ke rumah sakit menggunakan kis, daftar online rshs, daftar online rs hasan sadikin bandung, lowongan rumah sakit hasan sadikin, cara daftar online rshs,

20 Responses to "Cara Berobat ke Rumah Sakit Santosa Bandung Menggunakan BPJS"

  1. Klo pakai BPJS
    Tapi KTP sm faskes 1 nya bukan d Bandung gimana yaa

    Tp domisi saat ini di Bandung

    Apa Bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan bisa. Saya pake faskes 1 cimahi. Ktp cimahi. Bisa berobat ke Santosa.

      Delete
  2. Sy rujukan dari RSU sumedang mau ke bag ortopedi ( operasi patah tulang kaki) bisakah memakai BPJS bu? Trim's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pak Dani, waktu saya berobat ke Santosa, banyak juga pasien dari luar bandung yang berobat ke sana, termasuk Sumedang.

      Delete
    2. Pake BPJSJuga. Asal bawa persyaratan seperti yang saya tulis di atas.

      Delete
  3. Kl lgsg ke igd ga pake rujukan dr luar kota bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau. Tapi katanya di BpJS ada ketentuan, bisa berobat ke UGD RS tanpa membawa rujukan dari faskes tk 1 selama penyakitnya masuk kategori yang yang telah ditentukan BPJS dan disetujui RS.

      Delete
  4. Waahh Terima kasih yaa informasinya :)

    ReplyDelete
  5. Terima kasih. Tulisannya membantu sekali...

    ReplyDelete
  6. bu untuk MRI bisa BPJS disantosa?caranya seperti diatas persis?

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah,,sangat membantu,,kasus ibu sy skrg percis hrs d mri ,, haturnuhun sblmnya,,sangat membantu

    ReplyDelete
  8. Bapak saya punya keluhan penyakit tumor jinak dibagian mulut,apa bisa ditangani di rs santosa menggunaka bpjs? Terimakasih

    ReplyDelete
  9. Klo bpjs jakarta bisa tidak dipakai buat di rs sentosa,untuk tindakan oprasi tiroid?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau, tapi saat saya berobat di Santosa, ada pasien dari luar daerah (Subang)bisa dengan membawa rujukan dari daerah asal

      Delete
  10. FYI : Sekarang antrian pendaftaran rawat jalan BPJS di Santosa Central udah online, bisa via SMS atau aplikasi Telegram. Pengambilan antrian online mulai jam 05:00 s/d 07:00.

    AMBIL ANTRIAN VIA SMS :

    Buka aplikasi SMS kemudian tulis nomor tujuan penerima yaitu 0811-2281-396

    Ketik pesan dengan format ANTRI spasi BPJS spasi NO. KARTU BPJS
    Contoh : ANTRI BPJS 0001797597167

    Kemudian tunggu balasan pesan beberapa saat sampai system akan membalas sms anda.
    Setelah mendapatkan balasan, tunjukan sms ini kebagian pendaftaran pada saat nomor antrian BPJS anda dipanggil.


    INFO ANTRIAN VIA SMS :

    Info Antrian adalah informasi yang diberikan kepada pasien, jika pasien ingin mengetahui nomor antrian yang sudah terpanggil sampai dengan saat ini.
    Ketik pesan dengan forman INFO spasi ANTRIAN spasi BPJS
    Contoh : INFO ANTRIAN BPJS

    AMBIL ANTRIAN VIA TELEGRAM :

    - Install aplikasi Telegram
    - Search/cari account bot SHBCServiceBot, pilih/klik account nya terus klik /START
    - Nanti diminta untuk memasukkan No. MR (Nomor Medical Record) Santosa Central. Kalau sebelumnya sudah pernah berobat ke Santosa Central, masukkin aja No. MR nya yg 6 digit itu, kalau belum pernah berobat/ga punya No. MR lewatin aja, nanti kalau udah punya No. MR nya jangan lupa klik /START lagi untuk mendaftarkan No. MR nya. Tapi sampai sini juga udah bisa dipakai untuk ambil antrian koq, caranya sama seperti ambil antrian via SMS, kirim pesan spasispasi contoh : ANTRI BPJS 0001797597167. Semoga dapat membantu.


    ReplyDelete

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya