Mudahnya Ujian Praktek SIM C di Polres Kota Cimahi

 SIM C
Alhamdulillah akhirnya Suami saya mendapatkan SIM C di Polres Cimahi setelah lulus ujian atau tes Teori dan praktek. Awalnya suami saya sempat ragu untuk mendapatkan SIM C dengan murni, namun dengan tekad yang kuat suami saya mencoba dengan cara murni dengan mengikuti seluruh Prosedur pembuatan SIM C dari mulai pendaftaran - ujian teori - hingga ujian praktek dan alhamdulillah semuanya dilewati dengan baik hingga akhirnya Suami saya mendapatkan SIM C di Polres Cimahi.

Seminggu sebelumnya, suami saya sempat ujian teori SIM C dan lulus dengan nilai 80, dan hari itu juga langsung mengikuti ujian praktek, namun saat itu ujian prakteknya tidak lulus, dan pada kamis 10/8/17 dia ujian praktek ulang. jadi suami saya mengalami dua kali tes teori dan dua kali tes praktek.

Bila anda seorang pengendara sepeda motor yang sudah cukup lama memakai kendaraan roda dua bermesin, maka yakinkan bahwa anda mampu melewati ujian tes teori dan praktek dengan baik... semua pertanyaan di dalam ujian teori sama seperti yang pernah anda alami di jalan raya.

(Baca juga: "Pengalaman Ujian Teori SIM C Lulus Dengan Nilai 80") 

Begitu pula dengan dengan tes ujian praktek, seperti trek lurus, balik arah, jalan zig-zag, belokan angka delapan, adalah jalur yang mungkin dilalui saat kita berkendara di jalan umum, bedanya saat ujian praktek SIM C dibatasi oleh patok-patok yang diam sedangkan di jalan raya dibatasi oleh kendaraan lain yang bergerak. Bila anda mampu melewati rintangan tersebut berarti anda layak mendapatkan SIM C dengan kebanggaan tersendiri.

Sehari sebelum mengikuti tes ujian praktek di Polres Cimahi pada hari kamis 10 Agustus 2017, suami saya mencari referensi di internet mengenai cara lolos ujian praktek SIM C, dari mulai blog, situs berita, hingga beberapa channel youtube dia tonton.

Hari yang dinantipun tiba, setelah sarapan, jam delapan pagi langsung menuju tempat ujian praktek SIM C di POLRES Kota Cimahi, saat itu sudah hadir beberapa orang yang mengikuti tes praktek SIM C. Sebelum petugas datang, beberapa orang mengendarai sepeda motor mencoba lapangan tempat tes praktek SIM C menggunakan motor masing-masing. Suami sayapun ikut mencoba trek yang ada di lapangan, lumayan itung-itung latihan katanya.
Bukti penilaian ujian praktek Sim C
Bukti penilaian ujian praktek Sim C
Menurut Suami saya, trek yang ada di Polres Kota cimahi berbeda dengan trek yang ada di Internet. Beberapa referensi yang ada di internet, trek tempat ujian praktek SIM C terdiri dari beberapa bagian yaitu:
  • Uji pengereman/keseimbangan pada jalan lurus.
  • Zig-zag melalui patok-patok.
  • Uji reaksi rem menghindar.
  • Membuat angka delapan (8).
  • Uji berbalik arah membentuk huruf U (U-Turn).
  • Berjalan, berbelok dan cara melewati persimpangan atau tempat ramai (sopan santun).
  • Cara mendahului (menyalib).
  • Mengendarai sepeda motor pada lajur kiri.
  • Cara menghentikan kendaraan.
  • Cara memutar kendaraan di jalan lalu lintas.

Namun Di POLRES Kota Cimahi ini trek tempat ujian praktek hanya satu namun terdiri dari beberapa bagian yang memiliki halangan dan rintangan. 


Trek ujian praktek di Polres Cimahi

Sebelum tes dilakukan, petugas di lapangan akan menerangkan cara-cara melewati trek dan syarat lulusnya ujian praktek. Petugas menerangkan bahwa sebelum tes harus menggunakan rompi yang disediakan, memakai helm dan menggunakan sepeda motor yang disediakan ataupun motor sendiri. Setiap pengendara dianggap lulus bila dapat melewati trek tanpa menjatuhkan patok-patok, dan selama melewati trek, kaki tidak turun menyentuh aspal/jalan. Berikut ini trek yang harus dilalui setiap pengendara:
  1. Trek yang akan dilewati pengendara diawali dengan mengikuti garis lurus berwarna hitam, rata-rata setiap orang lolos melewati trek ini.
  2. Setelah melewati trek lurus, pengendara langsung berbalik arah membentuk huruf U (U-Turn) ke arah kiri. Rahasia dalam menaklukan terk huruf U ini adalah, setelah anda melewati garis hitam di trek lurus dan nampak trek U ini, segera kurangi kecepatan sambil direm belakang lalu segera ambil awahan agak melebar ke kanan (membelokkan motor ke arah kanan) kemudian segera belokkan motor ke arah kiri untuk berbalik arah, bila anda langsung belok kiri dan berbalik arah setelah melewati trek lurus maka dapat dipastikan akan tekor dan menabrak patok. Perhatikan patok dan jaga rem belakang saat anda berbalik arah, karena saat itu ban depan motor berada diantara patok patok yang jaraknya berdekatan.
  3. Kemudian anda akan melewati trek lurus lagi. Rata-rata pengendara lolos di trek ini.
  4. Selepas melewati trek lurus, pengendara akan melewati trek berbalik arah membentuk huruf U (U-Turn) lagi, namun kali ini beloknya ke arah kanan. trek U ke arah kanan ini mudah sekali karena saat berbelok tidak ada patok patok.
  5. Setelah berbalik arah, pengendara langsung memasuki trek Zig-zag melalui patok-patok yang berjumlah delapan buah. Setiap patok berjarak kira-kira dua meter. Untuk lolos di trek ini yang diperlukan adalah keseimbangan badan, perpaduan pengereman + tarikan gas dan konsentrasi. Usahakan motor melaju pelan, dengan kecepatan stabil. Jangan mengambil awahan terlalu melebar ke samping, karena mengakibatkan motor sulit melewati patok selanjutnya.
  6. Lolos dari trek Zig-zag, pengendara akan melewati trek Membuat angka delapan (8) sebanyak tiga kali. Untuk dapat melewati trek ini, kuncinya adalah awahan, saat motor miring ke kanan maka ujung ban depan diusahakan agak ke sebelah kiri mendekati garis dan tetap menjaga agar tidak menabak patok. Namun saat berbelok ke kiri ujung ban depan diusahakan agak ke sebelah kanan mendekati garis dan tetap menjaga agar tidak menabak patok.
  7. Setelah melewati trek Membuat angka delapan (8) sebanyak tiga kali, pengendara akan melewati trek zig-zag yang sebelumnya sudah dilewati namun dengan arah sebaliknya. bila anda lolos dengan trek zig-zag hingga ke garis akhir maka anda dianggap lulus ujian praktek Sim C.

0 Response to "Mudahnya Ujian Praktek SIM C di Polres Kota Cimahi"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya