Cara memasang Regulator Kompor Gas

Kupon program perangkat LPG bersubsidi
Kupon program perangkat LPG bersubsidi
Halo pembaca yang budiman, selamat ketemu lagi dengan posting dari saya, Kali ini admin akan berbagi tips yang terkait dengan penggunaan regulator kompor gas.

Kebetulan siang tadi di daerah saya baru dibagikan "Kupon program perangkat LPG bersubsidi" dengan harga 35 ribu rupiah. perangkat LPG yang diperoleh berupa satu perangkat regulator+selang+pengunci+rubber seal valve.

Perlu diketahui bahw saat ini perangkat LPG serupa dapat dibeli di toko dengan harga 70 sampai 85 ribu rupiah ditambah pipa seng pelindung selang dan regulator khusus yang memiliki indikator penunjuk isi gas.

Setelah saya periksa ternyata di belakang dus temoat perangkat LPG bersubsidi itu terdapat petujuk penggunaan, perawatan, pengecekan, dan peringatn terkait  perangkat LPG ini. berikut hal-hal yang saya temukan tersebut:


Petunjuk penggunaan
  • Hubungkan selang gas dengan pipa masukan yang ada pada belakang kompor gas lalu masukkan clamp ke selang.
  • Setelah masuk, kunci selang gas yang telah terhubung dengan pipa kompor menggunakan clamp, kemudian kencangkan menggunakan obeng
  • masukkan clamp yang lainnya ke selang, lalu hubungkan ujung selang gas lainnya dengan bagian regulator untuk  saluran gas.
  • Kunci selang gas dan saluran selang pada regulator menggunakan clamp kemudian kencangkan menggunakan obeng
  • Pasangkan regulator pada Valve tabung gas lalu tekan ke arah bawah, kemudian putar kontrol knop regulator ke kanan secara perlahan sambil menekan ujung atas regulator dengan telapak tangan, pastikan posisinya sudah pas.
  • Cobalah untuk menyalakan kompor.

Hal-hal yang umum terjadi
  • Apabila selang regulator kompor dan tabung gas sudah dihabungkan namun kompor tidak menyala maka ketuklah ujung saluran regulator dengan tangan agar gas mengalir dengan baik.
  • Atau bila tetap tidak menyala, lepaskan regulator dari tabung, longgarkan clamp dan cabut selang dari regulator. lalu lihat pada mulut regulator yang tadi berpasangan dengan selang, biasana di situ terdapat bola logam yang menyumbat, tekan menggunakn lidi agar bola legam tersebut masuk. setelah itu pasang kembali selang dan regulator pada tabung dan coba dinyalakan kembali.
Selang Regulator Kompor Gas
Perangkat LPG bersubsidi
Perawatan dan pengecekan
  • Setiap kali pergantian tabung gas bersihkan saluran masuk maupun pengeluaran pada regulator.
  • Jika tercium bau gas dan atau terdengar suara gas, cabut regulator segera dari tabung gas lalu cek rubber seal valve (karet) pada tabung gas dan kontrol kenop pada regulator
  • Jika masalah di atas masih terjadi berarti regulator harus segera diganti.
  • Bila terjadi perubahan dimensi (selang gas mengembang), retak ataupun terlihat pori-pori terbuka pada selang gas, segera ganti selang gas tersebut dengan yang baru.

Peringatan
  • Sebaiknya jangan mencabut regulator dari tabung gas pada saat kompor sedang menyala
  • untuk mengecek kebocoran sebaiknya gunakan air atau sabun namun jangan menggunakan benda lain yang mudah terbakar.
Petugas sedang melayani pembelian perangkat LPG
Penutup

Pembagian Kupon program perangkat LPG bersubsidi ini sangat bertolak belakang  dengan keadaan saat ini di mana tabung gas LPG 3kg begitu langka, meski ada, dijual dengan harga tinggi sekitar 20 ribu per tabungnya. Jauh sekali dengan saat pertama tabung ini muncul yakni sekitar 12 ribuan.

0 Response to "Cara memasang Regulator Kompor Gas"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya