Ultah Ke-127 Inge Lehmann dirayakan Google Hari Ini

google doodle
Inge Lehmann seorang Penemu Inti Bumi di Google Hari Ini Lehmann merupakan  seorang seismologis ini lahir pada 13 Mei 1888 dan meninggal pada 21 Februari 1993 di usia 104 tahun.

Dalam doodlelnya Google menampilkan animasi yang menggambarkan inti bumi pada Rabu, 13 Mei 2015.

Animasi ini menggambarkan bumi yang berotasi. Bumi sebagai planet kita digambarkan terbelah menjadi dua bagian dengan bagian inti yang terlihat.

Jasa terbesar Inge Lehmann yang dikenang umat manusia adalah penemuannya tentang inti bumi. Selama lebih dari dua dasawarsa, Lehmann terus meneliti gempa bumi. Setelah melakukan riset yang mendalam, Lehmann lantas mengungkap bahwa bumi memiliki inti luar dan inti dalam.

Pada kemudian hari, dijelaskan bahwa inti luar adalah lapisan cair dengan ketebalan sekitar 2,266 km yang terletak di bawah mantel bumi, dan di atas inti dalam. Suhunya bisa mencapai 4030 derajat celcius. Akan halnya inti dalam, adalah bagian paling dalam bumi, yang bentuknya bola padat dengan jari-hari sekitar 1200 kilometer.

Penemuan Inge Lehmann ini demikian penting bagi ilmu pengetahuan. Hingga kini gagasan Lehmann tersebut masih menjadi dasar pengetahuan seismologis. Kini, memperingati hari lahirnya yang ke-127, kita bisa membayangkan penemuan besar Lehmann melalui doodle cantik yang dibuat oleh Kevin Laughlin.

Inge Lehmann merupakan seorang seismologis pertama dan satu-satunya di Denmark saat itu.

Lehmann adalah pelopor di antara perempuan dan ilmuwan. Pendidikan awalnya di sebuah sekolah mendukung kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Sangat kontras dengan pemikiran masyarakat Denmark kala itu.

Ambisinya sempat diprotes oleh keponakannya, Niles Groes, “anda harus ingat tahu berapa banyak orang yang tidak kompeten aku harus bersaing dengan-sia-sia." Namun begitu, Lehmann tetap bersikeras dengan ambisinya.

Sebagai seorang pemikir kritis dan mandiri, Lehmann kemudian menetapkan dirinya sebagai seismologis pada otoritas struktur mantel atas. Dia melakukan penelitian yang luas di berbagai negara. Manfaat luas dari penelitiannya adalah juga bisa digunakan untuk mendeteksi ledakan nuklir rahasia.

Atas penelitiannya ini, Lehmann menerima medali William Bowie pada tahun 1971, penghargaan tertinggi dari American Geophysical Union.

Sumber:
  • http://tekno.merahputih.com/sains/2015/05/13/mengenal-inge-lehmann/13988/
  • http://sidomi.com/379599/ulang-tahun-inge-lehmann-penemu-inti-bumi-di-google-hari-ini/

Post a Comment for "Ultah Ke-127 Inge Lehmann dirayakan Google Hari Ini"