Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor 1 Tahunan

TEH-ENUR.COM - Hari ini Teh Enur baru saja membayar pajak sepeda motor di Kantor Samsat Kota Cimahi, Alhandulillah sangat mudah dan cepat.

Tahun-tahun sebelumnya membayar pajak kendaraan bermotor khususnya roda dua agak rumit, kita harus menyerahkan KPT dan STNK asli dan salinan (foto kopi), selain itu kita harus menyertakan berkas tersebut dalam map besar yang dibeli di kantor samsat. Bukan itu saja setelah meyertakan berkas kita akan menunggu antrean utnuk dipanggil dengan waktu yang cukup lama.

Baca: Mengurus sendiri Pajak Kendaraan Bermotor 5 Tahunan (Ganti Plat Nomor) 

Berbeda sekali dengan hal yang saya alami. Mulai dari penerimaan formulir sampai mendapatkan pengesahan sangatlah mudah dan cepat, berikut ini penjelasan lengkapnya...


1. Customer Service (Pelayanan pelanggan)

Customer Service (Pelayanan pelanggan) di kantor SAMSAT
Saat memasuki Kantor samsat kita langsung disambut oleh dua perempuan cantik dan satu sekuriti ganteng yang berada di pusat pelayanan, di sini akan ditanya apa keperluan kita. Kemudian mereka akan memberikan kertas untuk diisi sesuai dengan data kita. Selanjutnya mereka akan mengarahkan kita ke bagian loket penyerahan berkas (loket 1) untuk melakukan proses pengesahan STNK satu tahun.


2. Loket 1 (Pendaftaran pengesahan ulang satu tahun khusus roda dua)

 Loket 1 (Pendaftaran pengesahan ulang satu tahun khusus roda dua)
Di bagian loket Pendaftaran pengesahan ulang satu tahun khusus roda dua, kita harus menyerahkan STNK asli dan Kartu data diri / KTP asli. STNK dan KTP tersebut dimasukkan ke dalam map yang sudah tersedia di loket satu tanpa dipungut biaya. Kemudian setelah diperiksa kita akan mendapat bukti penyerahan berkas dari petugas di loket 1, selanjutnya tinggal menunggu panggilan di loket 3 bagian pembayaran.


3. Loket 3 (Pembayaran pajak)

Setelah menunggu selama kira-kira satu jam, akhirnya Nama saya dipanggil oaleh petugas loket bagian pembayaran, namun di sini kita hanya melakaukan pembayaran dan menerima struk pembayaran. Sementara penyerahan STNK dan KTP di loket lainnya.


4. Loket 5 (Pengembalian KTP dan STNK)

Loket 5 (Penyerahan KTP dan STNK)
Tidak perlu menunggu lama, kira-kira sepuluh menit sayapun dipanggil oleh petugas di loket 5 untuk menerima KTP dan STNK yang telah dicap dan ditanda tangan.

STNK yang sudah disahkan
Demikianlah proses pembayaran perpanjangan kendaraan bermotor roda dua di kantor SAMSAT. Waktu yang diperlukan dari mulai penyerahan berkas sampai pengesahan STNK hanya m,emerlukan waktu satu jam. Perlu diketahui bila di dalam kantor SAMSAT ada pihak-pihak yang menawarkan jasa pengurusan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan alasan agar lebih cepat sebaiknya ditolak saja karena kini sistem pembayaran sudah moderen serba cepat praktis dan mudah.

0 Response to "Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor 1 Tahunan "

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya