Hanya Dengan Seribu Rupiah Anda Dapat Menikmati Keindahan Pantai Kejawanan


Pelabuhan Cirebon

Setelah sebelumnya saya membuat artikel tentang Kramat plangon yang berjudul "Mari Berkunjung ke Objek Wisata Keramat Plangon - Cirebon", kali ini tempat yang akan dibahas adalah Pantai Kejawanan yang ada di Cirebon.

Rabu 13 Juli 2016, Saya dan keluarga berlibur ke Pantai Kejawanan, Cirebon. Perjalanan ini adalah bagian dari rangkaian silaturahmin ke kakak sambil ingin mengenal mjauh obyek wisata yang ada di sana.

Pantai Kejawanan Cirebon merupakan salah satu dari pantai yang berada di wilayah Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Pantai kejawanan terkenal landai dan ombak yang kecil.

Pantai Kejawanan Cirebon merupakan tempat Wisata Pantai, tempat pengelolaan ikan (TPI Kejawanan) dan Wisata Terapi. Berlokasi di Jln.Yos Sudarso Kota Cirebon ini terletak dekat dengan Pelabuhan Cirebon dan Ade Irma Traffic Garden Cirebon. 

Dari rumah kakak Saya yang berada di Sumber, dengan mengendarai sepeda motor, saya hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke Pantai Kejawanan. Saat memasuki gerbang kita akan bertemu seorang penjaga yang duduk di pinggir gerbang, kita akan disuruh membayar Tarif masuk dengan biaya hanya seribu rupiah saja, bagi para pengguna kendaraan, baik mobil pribadi maupun sepeda motor, sedangkan untuk para pejalan kaki tidak dipungut tarif masuk.

Sebelum memasuki Pantai kita akan menemui beberapa kapal penangkap ikan yang sedang berlabuh, di pinggir pelabuhan banyak orang memancing ikan dengan cara yang tidak biasa.

Biasanya orang menggunakan kail untuk memancing ikan, namun di sana orang-orang memancing dengan cara yang unik. Sebuah botol air mineral berukuran sedang yang  diikat talli akan dilemparkan ke tengah perairan, sebelumnya botol tersebut dipotong bagian lehernya untuk diberi kapur putih.

Memancing ikan di Pantai Kejawanan
Memancing ikan di Pantai Kejawanan
Sekilas saya tidak percaya cara tersebut dapat menangkap ikan, namun setelah saya perhatikan ternyata ada beberapa orang yang berhasil menangkap iklan dengan cara tersebut, bahkan ada seorang anak kecil yang menarik botol ke pinggir pantai dan telah berisi ikan yang terperangkap dalam botol.

Sesampainya di pinggir pantai motor saya parkirkan di tempat yang sudah dijaga oleh petugas parkir. Tak jauh dari tempat tersebut terdapat mushollla dan WC umum, kita dapat menggunakan fasilitas tersebut dengan membayar 2.000 rupiah per ember.

Pantai Kejawanan begitu tenang, tidak seperti di pantai pangandaran atau pelabuhan Ratu yang ada diselatan dengan ombaknya yang tinggi-tinggi sehingga membuat suara bergemuruh. Memang, pantai utara jawa dikenal dengan kondisi pantainya yang berombak kecil jadi tidak ada suara gemuruh ombak.

Suasana saat itu begitu teduh, karena langit agak mendung dan memang saat kami sampai masih pagi sekitar pukul 10-an. Melepas lelah, kami mencoba duduk-duduk di sebuah warung milik warga yang berdiri di atas air laut. Suami dan anak-anak saya mencoba menyewa perahu karet.

Perahu karet ditarif mulai seharga lima ribu Rupiah hingga sepuluh ribu Rupiah per perahu setiap satu jamnya, saat libur lebaran/jika sedang beruntung kita bisa melihat kapal nelayan/kapal tunda karena letaknya dekat dengan Pelabuhan Cirebon dan kita bisa berfoto di atas perahu dan melihat nelayan membawa hasil laut. 

Selain perahu karet, di sana juga kita bisa berwisata keliling pantai dengan menggunakan perahu motor milik nelayan, dengan tarif yang cukup murah yaitu seharga lima ribu Rupiah saja per orang, yang bahkan bisa di tawar hingga sebesar tiga ribu rupiah saja. 

Menyewa perahu karet di Pantai Kejawanan
Menyewa perahu karet di Pantai Kejawanan
Selepas menyewa perahu karet, kami berjalan menyusuri tumpukan batu yang menjorok ke laut. di sela-sela batu kita dapat melihat kawanan kepiting laut berwarna hitam yang sedang berjemur, namun jangan mimpi dapat mengambil kepiting tersebut karena begitu susahnya ditangkap, saat akan didekati mereka akan kabur dam masuk ke dalam sela-sela batu.

Dari bebatuan ini kita bisa menikmati terbitnya matahari dengan posisi yang bagus, yaitu tepat ditengah-tengah pantai. 

Kondisi Pantai Kejawanan yang landai dan dangkal menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung, terutama anak-anak. Karena mereka dapat bermain air hingga agak ketengah pantai. Walaupun demikian, pengunjung juga tetap dituntut untuk selalu berhati-hati.Jika Kita Lapar dipinggir pantai kita bisa makan seafood dengan view ke arah laut.

Setelah puas menikmati pantai, kami membeli beberapa makanan dan minuman ringan di warung yang sebelumnya kami singgahi. Selepas Adzan Zuhur kamipun pulang dengan hati senang.

tempat wisata pantai cirebon, pantai ade irma cirebon, lokasi pantai kejawanan, pantai kejawanan cirebon jadi wisata pengobatan, pantai kejawan cirebon, lokasi pantai kejawanan cirebon, pantai losari cirebon, alamat pantai kejawanan

2 Responses to "Hanya Dengan Seribu Rupiah Anda Dapat Menikmati Keindahan Pantai Kejawanan "

  1. Wah menarik ni hanya dengan 1000 aja

    ReplyDelete

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya