Jawaban Soal TVRI Untuk SD/MI, SMP, SMA/SMK Selasa 2 Juni 2020

Berikut ini adalah kunci jawaban dari soal tugas belajar dari rumah melalui TVRI dari Video yang tayang pada hari Selasa 2 Juni 2020.

Jawaban Soal TVRI Untuk SD/MI, SMP, SMA/SMK Selasa 2 Juni 2020


Pelajaran SD KELAS 1-3 Selasa 2/6, Khan Academy: Operasi Pengurangan

Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan kompetensi berikut: KOMPETENSI NUMERASI: Menyelesaikan masalah berkaitan dengan nilai tempat dan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai dengan 1.000.

Pertanyaan:

1. Pertanyaan setelah video (4): Selesaikan soal pengurangan berikut ini dengan menggunakan nilai tempat!
 67 = … puluhan + … satuan
 24 - … puluhan - … satuan
 .... = … puluhan + … satuan

2. Pertanyaan setelah video (6) Selesaikan pengurangan berikut!
 435 = … ratusan +... puluhan +... satuan
 232 - … ratusan - ... puluhan - … satuan
 .... = … ratusan + … puluhan + … satuan

3. Pertanyaan setelah video (8) Tentukan hasil pengurangan berikut ini!
 a) 482    b) 324
     175        265
    ……       ……

Jawaban:

1.

2.

3.  a) 482    b) 324
         175 -      265 -
         307          59



SD KELAS 4-6 Selasa 2/6 X-Sains: Siklus Air


Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan kompetensi berikut: KOMPETENSI LITERASI: Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya.

Pertanyaan:

  1. Pertanyaan setelah video (2): Jelaskan manfaat siklus air bagi kehidupan di bumi!
  2. Pertanyaan setelah video (3): Apa saja kegiatan manusia yang berdampak positif dan yang berdampak negatif terhadap kelestarian air?
  3. Pertanyaan setelah video (4): Pada eksperimen pembuatan miniatur siklus air, apa yang terjadi ketika es batu diletakkan di atas plastik wadah berisi air?

Jawaban:

  1. Siklus air (hidrologi) bermanfaat memelihara kehidupan di bumi serta segala ekosistem yang ada di dalam nya. Dapat memurnikan kembali air yang ada di bumi, sehingga air tanah terisi ulang dalam keadaan bersih. Dapat membantu pembentukan kembali fitur geologi bumi melalui proses erosi serta sedimentas.

  2. Kegiatan manusia yang berdampak positif:
    1. Pembuatan daerah resapan air
    2. Melakukan reboisasi (penanaman hutan yang gundul)
    3. Melakukan penghijauan

    Kegiatan manusia yang berdampat negatif:
    1. Penebangan hutan secara liar
    2. Pencemaran air laut (tumpahan minyak)
    3. Pembangunan daerah perkotaan

  3. Terjadi proses penguapan, baik evaporasi, transpirasi, maupun sublimasi yang kemudian menjadi butiran-butiran air di penutup plastik yang disebut kondensasi.

    Kemudian butiran air tersebut berkumpul di satu tempat dan jatuh sebagai butiran-butiran air yang kita kenal sebagai hujan, prosesnya dinamakan presipitasi.

    Dan jatuh tepat di bawah pemberat mangkok kecil yang menunjukkan terjadinya proses limpasan, dimana akan menjadi air di permukaan.

SMP Selasa 2/6 Matematika: Layang-Layang dan Trapesium (1/2)

Teman-teman, dari tayangan hari ini, kamu dapat mengembangkan kompetensi berikut: KOMPETENSI NUMERASI: Menentukan dan menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait dengan penerapan sifat-sifat dan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (layang-layang dan trapesium)

Pertanyaan:

Perhatikan gambar berikut!

Jawaban Soal TVRI Untuk SD/MI, SMP, SMA/SMK Selasa 2 Juni 2020

a) Sebutkan sifat–sifat dari layang–layang pada gambar tersebut!
b) Sarif ingin membuat layang-layang seperti gambar dengan panjang AC = 16 cm dan BO : OD = 5 : 2. Ia menginginkan luas layang-layang adalah 168 cm2. Ia mengatakan bahwa ia membutuhkan panjang benang 27 cm untuk membuat keliling layang-layang tersebut. Benarkah itu? Berikan alasanmu!

Jawaban:

a. 4 sifat layang-layang adalah:
        1. terdapat dua pasang sisi yang sama panjang,
        2. memiliki satu pasang sudut berhadapan yang sama besar,
        3. terdapat dua diagonal yang saling berpotongan tegak lurus, dan
        4. memiliki satu sumbu simetri.

b.

SMP Selasa 2/6 Matematika: Layang-Layang dan Trapesium (2/2)

Sebuah taman berbentuk trapesium seperti pada gambar. Taman tersebut dikelilingi jalan dengan panjang jalan AD = 15 m, BC = 20 m, dan CD = 18 m. Jarak titik D ke E adalah 12 m.

Jawaban Soal TVRI Untuk SD/MI, SMP, SMA/SMK Selasa 2 Juni 2020

a) Pengelola taman menanam pohon bunga Tabebuya di sepanjang jalan AB dan diberi nama Jalan Pesona. Berapa panjang Jalan Pesona itu?

b) Tahun lalu, pengelola taman menyelenggarakan lomba lari mengelilingi taman sebanyak 5 kali. Ia mengatakan bahwa peserta lomba menempuh jarak 480 meter. Benarkah itu? Berikan alasanmu!

c) Seorang pemandu wisata mengatakan bahwa luas taman itu adalah 732 m2. Apakah kamu setuju dengan pendapat pemandu wisata itu? Berikan alasanmu!

Jawaban:

a.

b.

c.


SMA/SMK Selasa 2/6 Matematika: Persamaan Eksponensial - Bentuk 1, 2, dan 3

Teman-teman, dari tayangan hari ini, kamu dapat mengembangkan kompetensi berikut: KOMPETENSI NUMERASI: Menyelesaikan persamaan eksponensial secara aljabar.

Pertanyaan setelah video (2):

1. Tentukan himpunan penyelesaian berikut!



2. Suatu perusahaan menawarkan sebuah program investasi. Perusahaan menyatakan bahwa pertumbuhan besar investasi pada program tersebut mengikuti suatu persamaan eksponensial Mt = P + (P x 2 t-13) dengan P menyatakan besar investasi awal dan t menyatakan periode waktu investasi. Satu periode waktu investasi adalah 1 bulan.

Seseorang tertarik mengikuti program investasi tersebut dengan menginvestasikan uangnya sebesar Rp 32.000.000,00. Orang tersebut berharap dalam 9 bulan, nominal uang yang telah diinvestasikan berkembang menjadi Rp 36.000.000,00. Apakah harapan orang tersebut mungkin 3 terwujud? Jelaskan jawabanmu

Pertanyaan setelah video (3):

Jawaban Soal TVRI Untuk SD/MI, SMP, SMA/SMK Selasa 2 Juni 2020

Jawaban video 2:

1.

2.

Jawaban video 3:


Post a Comment for "Jawaban Soal TVRI Untuk SD/MI, SMP, SMA/SMK Selasa 2 Juni 2020"