Jawaban Soal TVRI Untuk SD/MI, SMP, SMA/SMK Jumat 5 Juni 2020

Berikut ini adalah kunci jawaban dari soal tugas belajar dari rumah melalui TVRI dari Video yang tayang pada hari Jumat 5 Juni 2020.


Jawaban Soal TVRI Untuk SD/MI, SMP, SMA/SMK Jumat 5 Juni 2020


SD KELAS 1-3 Jumat 5/6 Sahabat Pelangi: Senam Irama


Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan kompetensi berikut: KOMPETENSI LITERASI: (1) Menyampaikan gagasan secara lisan; (2) Menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya.

Pertanyaan:

  1. Apakah kamu setuju dengan ide Nisa untuk menggunakan musik tradisionaldalam kegiatan senam? Jelaskan alasanmu!
  2. Tuliskan 5 jenis tari tradisional dan daerah asalnya, selain dari yang telah dicontohkan pada tayangan tadi!
  3. Kelompok Nisa berhasil tampil dengan baik, namun tidak berhasil dapat nilai A.
    a) Jelaskan mengapa mereka bisa tampil dengan baik?
    b) Jelaskan pula mengapa mereka tidak dapat nilai A?

Jawaban:

1
2
3


SD KELAS 4-6 Jumat 5/6 Gemar Matematika bersama Pak Ridwan: Penyajian Data


Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan kompetensi berikut: KOMPETENSI NUMERASI: Membaca, menyajikan, dan menganalisis data dalam bentuk gambar, piktogram, diagram batang, tabel frekuensi, diagram garis, diagram batang daun, diagram batang ganda, dan diagram koordinat.

Pertanyaan:

  1. Berikut merupakan data jumlah pasien yang hadir di Puskesmas selama satu minggu: Senin 35 orang; Selasa 20 orang; Rabu 22 orang; Kamis 15 orang; Jumat 35 orang; dan Sabtu 15 orang. Berapa perbandingan jumlah peserta sebelum hari Rabu dan setelah hari Kamis? Buatlah tabel data dan penjelasannya!
  2. Berikut merupakan data hasil panen Pak Seto dari bulan Januari sampai Mei: Januari 30 kg; Februari 25 kg; Maret 45 kg; April 50 kg. Jika jumlah keseluruhan hasil panen padi Pak Seto adalah 185 kg, berapa hasil panen padi pada bulan Mei? Buatlah dalam bentuk diagram batang!
  3. Berikut merupakan data minat dari 180 siswa terhadap empat ekstrakurikuler di sekolah: Seni Suara 90°; Seni Tari 60°; 35 siswa menyukai Karate; dan sisanya suka Pencak Silat, Seorang siswa mengatakan ekstrakurikuler yang paling banyak peminatnya adalah Seni Suara. Apakah kamu setuju? Jelaskan dan buat diagram lingkarannya!

Jawaban:

1
2
3


SMP Jumat 5/6 Menjaga Hutan Indonesia (1/2)


Teman-teman, dari tayangan hari ini, kamu dapat mengembangkan kompetensi berikut:
 KOMPETENSI LITERASI: (1) Mempresentasikan pendapat secara lisan dengan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan; (2) Mengenali informasi yang akurat dan berdasar fakta.

Pertanyaan:

  1. Pertanyaan setelah video (2): Dari tayangan tadi, ada kata-kata menarik, "Perubahan besar harus dimulai dan alam akan memberi apa yang kau butuhkan." Bagaimana kamu memaknai kalimat tersebut berdasarkan kondisi lingkungan di sekitarmu?
  2. Pertanyaan setelah video (5): Ternyata ada cara bertani di lahan gambut tanpa melakukan pembakaran. Berdasarkan tayangan tersebut, bagaimana caramu menyadarkan masyarakat agar menerapkan teknik bertani tanpa melakukan pembakaran lahan tersebut?

Jawaban:

1
2


SMP Jumat 5/6 Menjaga Hutan Indonesia (2/2)


Pertanyaan setelah video (6): Sebutkan tiga aktivitas manusia yang berpotensi mengurangi pemanasan global! Berikan alasan atau bukti pendukung yang dapat memperkuat pendapatmu.

Jawaban:

...


SMA/SMK Jumat 5/6 Pembahasan Soal TPS untuk Persiapan UTBK (1/2)


Teman-teman, dari tayangan hari ini, kamu dapat mengembangkan kompetensi berikut:
 KOMPETENSI LITERASI: Mengenali akurasi informasi, menjelaskan kembali, menganalisis, dan menyampaikan pendapat dalam diskusi berdasarkan pengetahuan dan data yang dapat  dipertanggungjawabkan
.

Tugas:

  • Ceritakan persiapan yang sudah dilakukan untuk menghadapi UTBK!
  • Jika tidak akan menghadapi UTBK, ceritakan persiapanmu kalau hendak ujian!

SMA/SMK Jumat 5/6 Pembahasan Soal TPS untuk Persiapan UTBK (2/ 2)

  1. Tugas setelah video (3): Temukan contoh-contoh soal model penalaran umum ini. Berlatihlah agar memudahkan kamu menjawab soal seperti model tersebut. Menurut pendapat kamu soal penalaran yang bagaimana yang sulit dikerjakan? Diskusikan bersama teman atau saudaramu.
  2. Tugas setelah video (4): Carilah teks bacaan soal. Tentukanlah kalimat utama dan gagasan utamanya. Berdiskusilah dengan teman untuk menentukan kebenaran jawaban kamu atau dapat melihat dari pembahasan soal yang ada di buku soalmu.
  3. Tugas setelah video (5): Datalah soal-soal dari ujian matematika atau TPS kuantitatif dari tahun-tahun sebelumnya. Model soal yang bagaimana yang selalu ada setiap tahunnya? Pahamilah model soal tersebut dan diskusikan bersama teman atau keluarga.

Post a Comment for "Jawaban Soal TVRI Untuk SD/MI, SMP, SMA/SMK Jumat 5 Juni 2020"