24 Istilah Babi dalam Komposisi Produk, MUSLIM HARUS TAU!

makanan babi, nama lain babi dalam makanan, gluten adalah babi, kode babi pada makanan, minyak babi dalam makanan, nama lain babi di indonesia, produk makanan yang mengandung babi, daftar makanan yang mengandung babi di indonesia  

24 Istilah Babi dalam Komposisi Produk, MUSLIM HARUS TAU!

Dalam Islam, Babi sangat diharamkan untuk dimakan. Dalam perintah Rasulullah SAW, seorang muslim dilarang untuk mendekati babi, apalagi memakan dagingnya.

Alquran melarang konsumsi daging babi di tidak kurang dari empat ayat  yang berbeda. Larangan babi disebutkan dalam surat Al Baqarah ayat 173, Al Maidah ayat 3, Al Anam ayat  145, dan An Nahl ayat 115. Sebagai contoh dalam surat Al Maidah ayat 3 disebutkan:  

Al Baqarah ayat 173

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَأَنْ تَسْتَقْسِمُوا بِالْأَزْلَامِ ۚ ذَٰلِكُمْ فِسْقٌ ۗ الْيَوْمَ يَئِسَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ دِينِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِ ۚ الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا ۚ فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِإِثْمٍ ۙ فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

173. Sesungguhnya Dia hanya mengharamkan atasmu bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih dengan (menyebut nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa terpaksa (memakannya), bukan karena menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Al Maidah ayat 3

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيْرِ وَمَآ اُهِلَّ لِغَيْرِ اللّٰهِ بِهٖ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوْذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيْحَةُ وَمَآ اَكَلَ السَّبُعُ اِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْۗ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَاَنْ تَسْتَقْسِمُوْا بِالْاَزْلَامِۗ ذٰلِكُمْ فِسْقٌۗ اَلْيَوْمَ يَىِٕسَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ دِيْنِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِۗ اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ فَمَنِ اضْطُرَّ فِيْ مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّاِثْمٍۙ فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

3. Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu sembelih. Dan (diharamkan pula) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan pula) mengundi nasib dengan azlam (anak panah), (karena) itu suatu perbuatan fasik. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu. Tetapi barangsiapa terpaksa karena lapar, bukan karena ingin berbuat dosa, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Al Anam ayat  145

قُلْ لَّآ اَجِدُ فِيْ مَآ اُوْحِيَ اِلَيَّ مُحَرَّمًا عَلٰى طَاعِمٍ يَّطْعَمُهٗٓ اِلَّآ اَنْ يَّكُوْنَ مَيْتَةً اَوْ دَمًا مَّسْفُوْحًا اَوْ لَحْمَ خِنْزِيْرٍ فَاِنَّهٗ رِجْسٌ اَوْ فِسْقًا اُهِلَّ لِغَيْرِ اللّٰهِ بِهٖۚ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَّلَا عَادٍ فَاِنَّ رَبَّكَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

145. Katakanlah, “Tidak kudapati di dalam apa yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan memakannya bagi yang ingin memakannya, kecuali daging hewan yang mati (bangkai), darah yang mengalir, daging babi – karena semua itu kotor – atau hewan yang disembelih bukan atas (nama) Allah. Tetapi barangsiapa terpaksa bukan karena menginginkan dan tidak melebihi (batas darurat) maka sungguh, Tuhanmu Maha Pengampun, Maha Penyayang.

An Nahl ayat 115

اِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيْرِ وَمَآ اُهِلَّ لِغَيْرِ اللّٰهِ بِهٖۚ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَّلَا عَادٍ فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

115. Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu (memakan) bangkai, darah, daging babi dan apa yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah; tetapi barangsiapa yang terpaksa memakannya dengan tidak menganiaya dan tidak pula melampaui batas, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Hadits Nabi Muhammad SAW:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ اللَّهَ حَرَّمَ الْخَمْرَ وَثَمَنَهَا وَحَرَّمَ الْمَيْتَةَ وَثَمَنَهَا وَحَرَّمَ الْخِنْزِيرَ وَثَمَنَهُ

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya Allah telah mengharamkan khamr dan hasil penjualannya dan mengharamkan bangkai dan hasil penjualannya serta mengharamkan babi dan hasil penjualannya.” (HR. Abu Daud)

Tidak memakan makanan haram seperti Babi ini adalah salah satu bentuk ketaatan muslim kepada tuhannya yaitu Allah SWT dan Rasulnya, terlepas dari pendapat Sains bahwa:

  • Makan daging babi dapat menyebabkan tidak kurang dari tujuh puluh jenis penyakit yang berbeda.
  • Seseorang bisa terkena berbagai macam cacing, seperti cacing gelang, cacing kremi, cacing tambang, dan lain sebagainya. Salah satu yang paling berbahaya adalah Taenia Solium, yang dalam istilah awam disebut cacing pita.


Terdapat banyak masyarakat yang sudah mengolah daging babi sedemikian rupa dengan jenis dan nama yang beragam. Agar umat muslim tidak salah beli menu makanan, sebaiknya mengenali 24 istilah babi dalam komposisi makanan.

Istilah babi ternyata tidak hanya ham atau pork saja. Ada banyak istilah yang biasanya digunakan dalam daftar komposisi makanan yang tercantum di kemasan. Selain itu, kita juga bisa melihat daftar bahan yang ada pada kemasan atau bertanya kepada pemilik atau koki resto terkait dengan bahan dan cara pembuatan produk. Berikut ini rangkuman dari berbagai sumber terkait beragam istilah babi dalam komposisi produk dari berbagai bahasa mulai dari bahasa Inggris, Jepang, China, Korea dan Indonesia. Dikutip dari laman Halal MUI berikut istilah babi yang biasa dipakai pada komposisi makanan.

  1. Pig: seekor babi muda, berat kurang dari 50 kilogram.
  2. Pork: daging babi dalam masakan.
  3. Swine: istilah untuk keseluruhan kumpulan spesies babi.
  4. Hog: babi dewasa, berat melebihi 50 kilogram.
  5. Boar: babi liar/celeng/babi hutan
  6. Lard: lemak babi untuk membuat minyak masak dan sabun.
  7. Bacon: daging hewan yang di-slice, terutama babi.
  8. Ham: daging pada bagian paha babi.
  9. Sow: babi betina dewasa.
  10. Sow milk: susu babi
  11. Porcine: sesuatu yang berkaitan atau berasal dari babi, banyak ditemukan di obat-obatan.
  12. Bak: daging babi dalam Bahasa Tiongkok.
  13. Char Siu: daging babi panggang (barbeque).
  14. Cu Nyuk: daging babi dalam Bahasa Khek/Hakka.
  15. Zhu Rou: daging babi dalam Bahasa Mandarin.
  16. Dwaeji: daging babi dalam Bahasa Korea.
  17. Tonkatsu: irisan daging babi dalam kuliner Jepang.
  18. Tonkotsu: ramen yang dilengkapi dengan daging babi.
  19. Yakibuta: babi panggang dalam Bahasa Jepang.
  20. Nuraniku: daging babi dalam Bahasa Jepang.
  21. Nibuta: hidangan dari Pundak babi di Jepang.
  22. B2: sebutan makanan yang berbahan babi di Indonesia.
  23. Khinzir: babi dalam Bahasa Arab dan Melayu.
  24. Kakuni: makanan dari perut babi rebus dalam kuliner Jepang.


Selain itu dikenal juga nama-nama lain untuk babai ini yaitu: Baikwan atau Baikwat : iga babi, Charsiu, Mu, Chasu, Cu, Nyuk, Cu-Riu, Cha, Siu , dan Baikwat/Baikwan.

Post a Comment for "24 Istilah Babi dalam Komposisi Produk, MUSLIM HARUS TAU!"