Iklan Di Video Youtube Tidak Bisa Tampil Sebelum Ditonton 10 Ribu Kali

Support Google
Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada hari Jum'at 7 April 2017, video yang saya unggah di Youtube memunculkan iklan hanya beberapa detik, selanjutnya iklan itu hilang. Saya coba lihat beberapa video lainnya di saluran saya, ternyata seluruh video saya yang sudah dimonetisasi tidak dapat memunculkan iklan.

Saya curiga, mungkin saja akun AdSense Saya diBanned oleh Google. NAmun setelah saya periksa iklan di blob Saya ternya masih muncul.

Akhirnya saya cari informasi ke sana ke sini dan akhirnya menemukan penjelasan dari Googgle bahwa ada kebijakan baru bagi penanyang AdSense di Chanel mereka. Dalam aturan tersebut, sebuah akun baru diperbolehkan mengikuti program pemasangan iklan setelah mendapatkan jumlah view sebanyak 10.000 di channel pembuat video.

Akun yang tidak berhasil mendapatkan jumlah view tersebut tidak akan bisa memasang iklan. Jika ada iklan, YouTube bisa saja langsung bertindak menurunkan iklan tersebut. Dalam laman Support Google, tertera jelas peraturan baru tersebut, bunyinya sebagai berikut:
Setelah tanggal 6 April 2017, Channel yang memiliki kurang dari 10.000 penayang, tidak dapat menayangkan iklan di video mereka. Pelajari lebih lanjut tentang perubahan terbaru Program Partner YouTube di Blog Kreator YouTube.

Sejak lima tahun yang lalu, YouTube meiliki kebijakan bagi siapapun yang ingin mendapat penghasilan dari video yang mereka unggah, maka Seorang YouTuber dapat mengajukan penayangan iklan dengan mendaftarkan video mereka di Google AdSense.

Namun setelah berjalan sekian lama, program tersebut memiliki beberapa masalah, diantaranya adalah banyaknya orang yang membuat akun, lalu mengunggah berbagai konten "curian" atau hasil comot dari partner lain. Konten yang dicuri adakalanya berasal dari label rekaman besar, studio film, atau karya kreator YouTube populer.

Dengan menerapkan syarat baru dalam hal pemasangan iklan, YouTube berharap bisa mengantisipasi masalah pencurian konten tersebut.

Syarat 10.000 view diharap bisa memberi waktu untuk perusahaan mencari informasi mengenai saluran yang mengunggah konten. Di sisi lain syarat tersebut dianggap masih mudah tercapai sehingga tidak membuat kreator independen jadi malas bergabung dan membuat video.

Sepertinya, mencari pendapatan atau uang di situs berbagi video YouTube bakal makin susah.

2 Responses to "Iklan Di Video Youtube Tidak Bisa Tampil Sebelum Ditonton 10 Ribu Kali"

  1. Inilah repotnya modal kecil ingin mencari dolar di youtube selalu terhalang. Kalah dengan yang punya modal besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Promosinya harus gencar gan, perbanyak pertemanan dan share video ke media sosial. Kalo punya website... share juga. Biarpun modal paspasan mudah2an bisa banyak viewer...

      Delete

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya