Rahasia Sederhana Cara Menyeduh Kopi Hitam yang Benar Agar Lebih Nikmat

Kopi hitam
Secangkir Kopi hitam yang siap dinikmati
Anda suka minum kopi atau penikmat kopi hitam? mungkin anda pernah merasakan beberapa rasa kopi seduh yang berbeda-beda. Apapun jenis kopi atau merek kopinya bila tidak mengetahui cara menyajikannya maka rasa kopi akan kurang mantap.

Saya sudah bertahun-tahun menyediakan kopi seduh khususnya kopi hitam untuk suami saya, maka dari itu saya dapat mengetahui beberapa rahasia membuat kopi seduh yang enak.

Terdapat beberapa hal penting yang perlu diketahui agar kopi seduh yang kita sajikan terasa lebih nikmat, diantaranya yaitu:
  • Suhu air yang akan dituangkan ke dalam bubuk kopi
  • Komposisi atau takaran antara gula dan kopi
  • Wadah kopi
 Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu.


1. Suhu air yang akan dituangkan ke dalam bubuk kopi

Untuk dapat mengeluarkan aroma kopi, maka diperlukan suhu air yang benar benar panas yaitu sekitar 90°-100° C (mendidih). Bila anda menyeduh kopi dengan air yang suhunya kurang dari 90° C maka aroma kopi tidak keluar dengan maksimal, kopi tidak akan tercampur rata dengan air sehingga akan mengambang di permukaan. Bila diminum rasanya akan hambar, dan bisa mengakibatkan perut mulas. Orang sunda bilang, menyeduh air kopi dengan air yang kurang panas disebut "Baleuy". Jadi hindari menyeduh kopi dengan air dalam termos yang sudah berjam-jam.


2.  Komposisi atau takaran antara gula dan kopi

Takaran antara kopi dan gula pada beberapa orang mungin berbeda tergantung selera, ada yang suka agak manis, agak pahit. Atau yang lebih ekstrim adalah rasa kopi yang benar-banar pahit, rasa kopi ini biasanya digemari oleh para sopir yang sedang dalam perjalanan jauh untuk menghindari kantuk.

Namun di sini saya akan memberikan tips agar rasa kopi dapat diterima oleh kalangan manapun. Gelas yang digunakan adalah gelas atau Cangkir keramik ukuran standar, kira-kira 200 ml. Bila anda menggunakan sendok makan untuk menakar gula dan kopi maka komposisi yang pas adalah satu sendok makan kopi dicampur dengan satu seperempat sendok makan gula pasir. Namun bila anda menggunakan sendok teh, maka komposisi yang tepat adalah dengan mencampurkan dua sendok teh kopi dicampur dengan tiga sendok teh gula putih.


3. Wadah kopi

Mengenai yang terakhir ini, hanyalah sebagai penampilan saja, bukanlah yang utama. kadang-kadang penampilan dapat mengugah selera minum kopi. bagi beberapa penikmat kopi lebih menyukai Cangkir keramik atau Mug sebagai media kopi seduhya. Selain itu dengan menggunakan cangkir keramik, suhu panas dapat dipertahankan agak lebih lama serta memudahkan peminum kopi saat akan menyeruput kopinya tanpa kepanasan saat memegang cangkir. 


Urutan yang benar dalam menyeduh kopi hitam:
  1. Panaskan air hingga 90°-100° C (mendidih)
  2. Sambil menunggu air mendidih, tuang kopi dan gula ke dalam cangkir keramik dengan komposisi yang terpat, seperti yang telah diterangkan di atas.
  3. Setelah air mendidih, segera tuang ke dalam cangkir keramik, aduk-aduk hingga rata, sajikan.

Bila anda menggunakan kopi sachet, maka lebih mudah lagi membuatnya, yakni dengan tanpa menakar dapat langsung diseduh dengan air panas.

Demikianlah pengalaman saya dalam menyajikan kopi, semoga nermanfaat.

cara menyeduh kopi kapal api, cara meracik kopi susu, cara menyeduh kopi sachet, cara membuat secangkir kopi enak, cara membuat kopi hitam yang mantap, cara mengaduk kopi yang benar, cara menyeduh kopi dalam bahasa inggris, cara menyeduh kopi hitam yang benar.

0 Response to "Rahasia Sederhana Cara Menyeduh Kopi Hitam yang Benar Agar Lebih Nikmat"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya