Inilah Jawaban Google Untuk Publisher AdSense yang Menempatkan Iklan yang Menggangu Pengunjung

Screen Shoot Situs yang menampilkan ikaln Pop Up
Screen Shoot Situs yang menampilkan iklan Pop Up
Sebagian situs yang ada di internet mendapatkan mendapatkan penghasilan fiansial dari hasil tampilan iklan di situs mereka. Namun kadang-kadang beberapa pemilik situs atau biasa disebut Publisher menampilkan iklan di situs mereka tidak sesuai dengan penempatan yang tidak ramah bagi pengunjung.

Pada akhirnya para pengguna Internet menghadapi iklan yang menyebalkan dan mengganggu di web - seperti jenis iklan pop up atau pop under, padahal syarat iklan memikat seperti itu hanya utk blog dengan persyaratan tertentu. Atau memaksa Anda menunggu 10 detik sebelum Anda dapat melihat konten di halaman. Pada 1 Juni 2017 Google, dalam blognya berjudul "Building a better web for everyone " menjelaskan mengenai rencana di tahun 2018. Berikut ini penjelasan lengkapnya.


Alat baru untuk penerbit

Guna melindungi pengiklan dan pengunjung situs, Google membuat Alat baru untuk penerbit berupa laporan mengenai perilaku iklan di situs, dengan memperlihatkan tangkapan layar dan video dari pengalaman iklan yang mengganggu (lihat contoh Videonya di sini). Berikut kutipan dari Blog Google:

"Laporan Pengalaman Iklan yang baru membantu penerbit memahami bagaimana Standar Iklan yang Lebih Baik berlaku untuk situs web mereka sendiri. Ini menyediakan tangkapan layar dan video dari pengalaman iklan yang mengganggu yang telah kami identifikasi agar mudah ditemukan dan diperbaiki. Agar daftar iklan lengkap digunakan, penayang dapat mengunjungi panduan praktik terbaik baru kami."

Dalam blognya, Google menjelaskan akan membuat peraturan mengenai standar iklan.

"Kami percaya iklan online seharusnya lebih baik. Itulah sebabnya kami bergabung dengan Koalisi untuk Iklan Lebih Baik , grup industri yang didedikasikan untuk meningkatkan iklan online. Standar Iklan yang Baru-baru ini diumumkan oleh Grup memberikan panduan yang jelas, umum, data-driven untuk bagaimana industri dapat meningkatkan iklan bagi konsumen, dan hari ini saya ingin membagikan bagaimana kami merencanakan untuk mendukungnya. " demikian seperti dikutip dari Blog Google

Google menyarankan Publisher untuk menampilkan pesan di situs mereka khusus bagi pengunjung situs untuk mengundang mereka untuk mengaktifkan iklan di situs mereka, atau membayar selisih yang menghapus semua iklan di situs tersebut melalui Kontributor Google yang baru. Berikut ini kutipan dari Blog Google.

"Sebagai bagian dari upaya kami untuk mempertahankan web yang berkelanjutan bagi semua orang, kami ingin membantu penerbit dengan pengalaman iklan yang bagus mendapatkan bayaran atas pekerjaan mereka. Dengan Pilihan Dana, sekarang dalam versi beta, penayang dapat menampilkan pesan yang disesuaikan kepada pengunjung yang menggunakan pemblokir iklan, mengundang mereka untuk mengaktifkan iklan di situs mereka, atau membayar selisih yang menghapus semua iklan di situs tersebut melalui Kontributor Google yang baru. "


Dukungan Chrome untuk Standar Iklan yang Lebih Baik

Bukan hanya situs yang dimiliki oleh publisher, Chrome sebagai mesin pencari milik google juga tak luput dari aturan yang baru. Chrome berhenti menampilkan iklan (termasuk yang dimiliki atau dilayani oleh Google) di situs web yang tidak sesuai dengan Standar Iklan yang Lebih Baik yang dimulai pada awal tahun 2018. Seperti yang dijelaskan dalam BLog Google berikut ini:

"Chrome selalu berfokus untuk memberi Anda pengalaman terbaik menjelajahi web. Misalnya, mencegah munculan di tab baru berdasarkan fakta bahwa mereka mengganggu. Dalam dialog dengan Koalisi dan kelompok industri lainnya, kami merencanakan agar Chrome berhenti menampilkan iklan (termasuk yang dimiliki atau dilayani oleh Google) di situs web yang tidak sesuai dengan Standar Iklan yang Lebih Baik yang dimulai pada awal tahun 2018."

Sepertinya awal tahun 2018 nanti akan menjadi hambatan yang besar bagi publisher Google adsense atau situs yang memiliki iklan dan penempatan tidak ramah bagi pengunjung. Jadi sebaiknya kita sebagai publisher harus bebenah dari sekarang dengan memperbaiki penempatan iklan yang tidak sesuai dengan peraturan Google atau yang mengganggu pembaca situs/blog.

Sumber: Blog Google

1 Response to "Inilah Jawaban Google Untuk Publisher AdSense yang Menempatkan Iklan yang Menggangu Pengunjung"

  1. Sangat setuju. Terlebih dg iklan pop, saya sangat tidak suka dan merasa terganggu. Mending pasang iklan yang tidak bikin pengunjung jera untuk berkunjung balik.

    ReplyDelete

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya