Siapakah Oskar Fischinger yang ada di Google Doodle Hari Ini?

Ulang Tahun Oskar Fischinger ke-117

Hari ini 22 Juni 2017 Goole menampilkan sebuah animasi menarik sejenis permainan musik yang dapat digunakan oleh pengguna Homepage Google.

Tampilan di halaman depan google yang biasa disebut Google doodle tersebut pengunjung Google dapat mencoba membuat musik dengan memilih titik-titik untuk kemudian dapat menghasilkan suara dan warna yang indah.
Oskar Fischinger Quote

Ternyata Tampilan tersebut merupakan penghargaan Google kepada Oskar Fischinger yang berulang tahun yang ke-117. Siapakah dia?

Dikutip dari Wikipedia, Oskar Wilhelm Fischinger adalah seorang animator, pembuat film, dan pelukis abstrak berdarah Jerman-Amerika asal Gelnhausen, Jerman saat ini.

Pria kelahiran Gelnhausen, 22 Juni 1900 ini dikenal karena karyanya di bidang animasi musik abstrak beberapa dekade sebelum munculnya komputer grafis dan video musik yang lazim digunakan saat ini.
Animasi Oskar Fischinger

Salah satunya, Fischinger terlibat dalam karya efek khusus dalam film panjang Woman in the Moon karya Fritz Lang yang tayang pada tahun 1929, salah satu film fiksi ilmiah bertema luar angkasa yang diproduksi pada zamannya. Total ia menghasilkan lebih dari 50 film pendek, menciptakan sekitar 800 karya lukis dalam kanvas yang di antaranya sudah masuk ke dalam banyak museum di seluruh dunia.

Karyanya yang paling besar adalah film pendek berjudul Motion Painting No. 1 (1947), sebuah film pendek yang menggabungkan musik klasik berjudul Brandenburg Concerto no. 3, BWV 1048 oleh Johann Sebastian Bach dengan gabungan gambar-gambar yang membentuk gerak henti dalam tumpukan kaca akrilik. Karyanya pun masuk ke dalam salah satu arsip di Pendaftaran Film Nasional milik Perpustakaan Kongres Amerika Serikat dengan alasan "secara kultural, historis, atau estetis signifikan".

Oskar Wilhelm Fischinger meninggal dunia di Los Angeles, 31 Januari 1967 pada umur 66 tahun.

0 Response to "Siapakah Oskar Fischinger yang ada di Google Doodle Hari Ini?"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya