5 Cara mengatasi Dolar Kuning Pada Video Youtube (Tidak sesuai untuk sebagian besar pengiklan)

 Video Youtube (Tidak sesuai untuk sebagian besar pengiklan)
Beberapa minggu terakhir di bulan Oktober 2017, saya merasakan ada yang beda dengan YouTube. Beberapa video saya tiba-tiba tidak dapat menampilkan iklan, itu pertamakali saya lihat di tab Creator studio. Bukan saja video lama, ternyata video yang baru diupload dan belum ada penontonnya saja bisa langsung muncul dolar kuning.

Warna dolar di videon saya berubah menjadi kuning, dengan keterangan "Tidak sesuai untuk sebagian besar pengiklan". Kemudian saya klik dolar kuningnya. di sana ada keterangan bahwa "Hanya menampilkan sedikit iklan atau tanpa iklan sama sekali, karena kontennya teridentifikasi sebagai tidak sesuai untuk sebagian besar pengiklan."

Sayapun mencoba cari di Google search untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi hal tersebut. namun beberapa tutorial yang saya baca tidak dapat menyelesaikan masalah dolar kuning ini. Sehingga saya coba pelajari sendiri, bermacam trik saya coba terapkan, dan Alhamdulillah beberapa video dapat kembali menampilkan iklan, dan warna icon dolarpun berubah menjadi hijau kembali. Namun ada satu video yang didak dapat berubah warna dolarnya meski semua trik sudah saya coba.

Berikut ini beberapa trik yang pernah saya terapkan untuk video yang dolarna berwarna kuning semoga bermanfaat:


1. Merubah judul video.

Pihak Youtube memiliki cara untuk menyaring kata atau frasa dalam judul yang kita buat untuk video yang berhubungan dengan konten negatif (seperti kata-kata kasar, jorok, sara, mengerikan, dll), maka salah satu cara untuk mengatasi dolar kuning ini adalah mengganti satu atau beberapa kata dalam judul video dengan kata atau frasa yang lebih aman, sopan, tidak melanggar ketentuan komunitas Youtube.

Setelah merubah judul video silahkan klik simpan perubahan dan tunggu beberapa hari sampai warna dolar video berubah menjadi hijau kembali. Bila dengan merubah judul video, warna dolar masih kuning, silahkan coba cara kedua di bawah ini.


2. Merubah/menghapus deskripsi video

Sama seperti poin pertama (merubah judul video), Youtube juga membaca kata atau frasa dalam deskripsi pada video yang kita unggah (Upload), silahkan coba rubah atau ganti kata atau frasa dalam deskripsi video anda, lalu klik simpan. 


3. Merubah/menghapus Tag

Bukan hanya Judul dan deskripsi, bagian Tag juga harus dicoba dirubah seperti pada cara 1 dan 2. Caranya dengan mengklik tanda silang/kali (X) pada tag yang mau dihapus. Kemudian klik simpan.


4. Mengganti Thumbnail

Saat mencoba cara ini saya sempat ragu, masasih gambar thumbnail saja bisa mempengaruhi penilaian video, ternyata setelah saya coba pada video (yang tidak dapat diatasi dengan empat cara di atas), dapat diatasi dengan merubah Thumbnailnya. Anda dapat mencoba mengganti dengan salah satu dari tiga Thumbnail yang sudah otomatis disediakan youtube. Namun anda juga bisa menggantinya dengan Thumbnail kustom yang diupload sendiri.


5. Minta peninjauan

Minta peninjauan untuk Video Youtube yang Tidak sesuai untuk sebagian besar pengiklan
Tampilan setelah minta peninjauan untuk Video Youtube yang Tidak sesuai untuk sebagian besar pengiklan
Ini adalah cara yang umum dicoba oleh para YouTuber. Caranya anda masuk ke tab Creator studio>Pengelola video, kemudian pilih video yang dolarnya kuning>edit, kemudian klik monetisasi.

Kemudian klik minta peninjauan. nanti akan muncul notifikasi sebagai berikut:
Status monetisasi: Hanya menampilkan sedikit iklan atau tanpa iklan sama sekali, karena kontennya teridentifikasi sebagai tidak sesuai untuk sebagian besar pengiklan.
Peninjauan yang diminta: Saat ini kami hanya dapat meninjau video dengan minimal 1,000 penayangan dalam 7 hari terakhir.   Video Anda akan ditinjau setelah mencapai ambang tersebut.
Selanjutnya Video akan ditinjau dengan ketentuan minimal 1,000 penayangan dalam 7 hari terakhir. Bila cara ini tidak berhasil, berdoa saja semoga warna dolarnya menjadi hijau kembali, soalnya ada satu video saya yang berubah menjadi hijau tanpa diapa-apakan.

2 Responses to "5 Cara mengatasi Dolar Kuning Pada Video Youtube (Tidak sesuai untuk sebagian besar pengiklan)"

  1. Wah mantap mbak, tapi saya juga uda terlanjur menghapus video tu. Soalnya uda otak atik juga ga ada kabar hijau. Saya hapus dehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya dicoba dulu diatasi. Kalupun warna dolarnta kuning terus biarin saja.

      Delete

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya