Renovasi Zamzam: Tidak Boleh Tawaf Di Sekitar Ka'bah Kecuali Yang Berpakaian Ihram

Bagi anda yang melaksanakan ibadah Umrah di bulan nopember 2017 hingga 2018 maka akan melihat pemandangan yang tidak biasa di Masjidil Haram. Pada saat itu area tawaf untuk jemaah menjadi lebih sempit.

Hanya sebagian orang saja yang diperbolehkan memasuki gerbang khusus tawaf, sedangkan yang lainnya dipersilahkan masuk dari gerbang lain.

Termasuk saya dan rombongan Umrah dari MQ Travel yang datang ke Masjidil Haram pada 27 nopember 2017. Khusus untuk jemaah laki-laki yang berpakaian Ihram saja yang diperbolehkan masuk lewat gerbang khusus tawaf, sementara untuk jemaah perempuan asalkan berpakaian menutup aurat tidak dibatasi.

Setelah memasuki area tawaf yang dekat ke Ka'bah barulah diketahui, penyebab dari dibatasinya jema'ah umrah yang akan tawaf. ternyata di belakang Makom Ibrahim, tepatnya di sumur Zamzam sedang ada renovasi atau perbaikan, sehingga beberapa area tawaf diberi pembatas.

Dikutip dari liputan6.com, renovasi itu akan berlangsung selama tujuh bulan dan terbagi menjadi dua fase. Rencananya akan selesai sebelum Ramadhan tahun ini.

Fase pertama renovasi adalah membangun lima saluran perlintasan untuk Sumur Zamzam di wilayah timur. Perlintasan itu memiliki ukuran lebar 8 meter dan panjang 120 meter.

Sementara fase kedua renovasi adalah sterilisasi area di sekitar Sumur Zamzam. Sterilisasi dilakukan dengan membersihkan puing beton dan besi yang berjatuhan dari struktur bangunan Masjidil Haram.

Selain itu, sterilisasi juga dilakukan dengan memasang gipsum untuk menjamin aliran air yang stabil.

Namun demikian, renovasi Zamzam tersebut tidak menggangu kegiatan ibadah para jemaah. Untuk jemaah laki-laki yang tidak berpakain Ihram masih diperbolehkan tawaf di area lainya, yakni di sisi paling luar lantai satu, lantai 2, lantai 3 hingga lantai empat. untuk lebih jelasnya silahkan ditonton Videonya di bawah ini.

0 Response to "Renovasi Zamzam: Tidak Boleh Tawaf Di Sekitar Ka'bah Kecuali Yang Berpakaian Ihram"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya