Bedah Buku Paket Hafalan Al-Qur'an AT-Taisir Karya Ustadz Adi Hidayat, Lc., Ma.

Sebelumnya Saya pernah membuat artikel tentang proses pemesanan Buku Paket Hafalan Al-Qur'an AT-Taisir Karya Ustadz Adi Hidayat, Lc., Ma. dari Akhyar Store.

Paket yang diterima saat itu sesuai dengan pesanan terdiri dari tiga buah yakni: Muslim Zaman Now (MZN): "Muraja'ah At Taisir 30 Hari Hafal Al Rur'an", Mushaf At-Taisir, dan Muslim Zaman Now (MZN): "Metode At Taisir 30 Hari Hafal Al Qur'an".

Selanjutnya, dalam posting kali ini Saya akan mencoba membuka isi dari ketiga buku tersebut. At-Taisir adalah suatu metode/cara menghafal Al Qur'an dengan cepat, waktu yang ditawarkan untuk menghafalkan 30 Juz Al Qur'an adalah 30 Hari. Kelebihan metode ini adalah, penghafalnya dapat mengetahui nomor surat, nomor ayat, serta letak ayat tersebut. letak ayat di sini maksudnya adalah letak di mushaf, apakah di atas, tengah, atau bawah.

Baca: "Alhamdulillah Akhirnya Paket At-Taisir Sampai Juga"

Seperti yang diterangkan oleh Ustd. Adi Hidayat, Lc., Ma. dalam beberapa Tausiahnya, metode ini diberi nama At-Taisir karena arti dari At-Taisir adalah Mudah, sehingga siapa saja bisa melakukannya.

Quantun Akhyar Institut yang dipimpin oleh Ustadz Adi Hidayat, Lc., Ma, memberikan pelayanan peyebaran paket At-Taisir baik secara online ataupun offline. Satu paket At-Taisir berisi:
  1. Muslim Zaman Now (MZN): "Metode At Taisir 30 Hari Hafal Al Qur'an".
  2. Mushaf At-Taisir
  3. Muslim Zaman Now (MZN): "Muraja'ah At Taisir 30 Hari Hafal Al Rur'an"

1. Muslim Zaman Now (MZN): "Metode At Taisir 30 Hari Hafal Al-Qur'an".

Muslim Zaman Now (MZN): "Metode At Taisir 30 Hari Hafal Al-Qur'an"
Buku ini menguraikan tentang tatacara menghafal Al-Qur'an dari mulai persiapan hingga setelah selesai menghafal. Terdapat enam bagian penting dalam buku ini:
  1. Esensi Al-Qur'an -  menyajikan bahasan yang berisi keutamaan dan fungsi Al-Qur'an dalam kehidupan.
  2. Amalan pra hapalan - Bagian kedua ini menghadirkan rahasia kemudahan Al-Qur'an. Bagian ini akan mengurai amalan khusus yang mengantarkan pada kemudahan hafalan.
  3. Bimbingan proses menghafal - Bagian ini akan menuntun anda cara menghafal ideal, dari menentukan waktu hingga melahirkan hafalan yang sempurna.
  4. Amalan paska hafalan - Di sini tersaji menu amalan yang mampu menjaga dan menguatkan hafalan. Di bagian ini pula disajikan tingkatan penghafal dalam Al-Qur'an.
  5. Simulasi hafalan - Di sini disajikan metode At-Taisir. Bukan saja menghafal, namun mendalami denah mushaf Al-Qur'an. Di bagian ini pula dilampirkan dua Juz terakhir dalam Al-Qur'an sebagai simulasi hafalan.

2. Mushaf At-Taisir

Mushaf At-Taisir
Mushaf At-Taisir bentuknya mirip mushaf Al-Qur'an pada umumnya, di dalamnya terdapat ayat-ayat al-Qur'an dari Juz 1 sampai Juz 30, Dari Surat Al-Fatihah sampai Surat An-Naas. Mushaf At-Taisir memiliki tiga bagian penting dalam proses hafalan, yaitu:
  • Tulisan ayat berbahasa Arab - Ini adalah bagian yang utama dalam obyek hafalan. Setiap tulisan berwarna hitam.
  • Kolom Muraja'ah - Letaknya di bagian kanan tulisan ayat berbahasa Arab, warnanya merah. Di bagian ini hanya menampilkan nomor ayat dan potongan awal ayat.
  • Terjemah - Letaknya di bawah pada setian halaman, fungsinya untuk memudahkan pemahaman makna, sekaligus mempercepat dan menguatkan hafalan.

3. Muslim Zaman Now (MZN): "Muraja'ah At Taisir 30 Hari Hafal Al Rur'an"

Muslim Zaman Now (MZN): "Muraja'ah At Taisir 30 Hari Hafal Al Rur'an"

Buku ini mirip dengan Mushaf At-Taisir, di dalamnya terdapat ayat-ayat al-Qur'an dari Juz 1 sampai Juz 30, Dari Surat Al-Fatihah sampai surat An-Naas, namun kami terima adalah jilid yang pertama yang berisi surat-surat Al-Qur'an dari surat An-Naas, Juz 1 - Surat Al-Kahf , Juz 16. Pada setiap halamannya dibagi menjadi tiga bagian yakni:
  • Tulisan ayat berbahasa Arab - ini adalah bagian utama dalam obyek muraja'ah. setiap awal ayat setiap hurufnya berwarna hitam normal, sementara tulisan Arab lainnya berwarna abu-abu.
  • Angka berwarna merah - letaknya di sebelah kanan atau kiri tulisan ayat berbahasa Arab pada setiap halaman, ini menunjukkan nomor ayat. Di akhir/bawah terdapat Nomor Juz.
  • Angka-angka di bagian paling bawah - Adalah nomor nomor ayat yang tidak berurutan namun mewakili nomor-nomor ayat sebelumya dan yang terbaru. Ini berfungsi untuk menguatkan hafalan, dengan cara ini seteleh selesai menghafal diharapkan dapat memunculkan ayat dengan menyebut angka saja saat dibutuhkan.

Sumber tulisan: Buku Paket Hafalan Al-Qur'an AT-Taisir Karya Ustadz Adi Hidayat, Lc., Ma.

1 Response to "Bedah Buku Paket Hafalan Al-Qur'an AT-Taisir Karya Ustadz Adi Hidayat, Lc., Ma."

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya