Mengikuti Milad Daarut Tauhiid ke-26 dengan Jalan Sehat Sehati & Tabligh Akbar

start jalan sehat sehati
Persiapan sebelum jalan sehat
Senin, 12 Desember 2016, Saya, suami, serta empat saudara yang lain mengikuti acara Milad pondok pesantren Daarut Tauhid Bandung yang ke-26. Pada hari itu milad diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat kota Bandung dan sekitarnya.

Milad Pondok pesantren asuhan KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) ini diisi dengan jalan sehat sehati, Tablig akbar, serta Serta shalat subuh berjamaah di masjid PUSDAI Kota bandung sebagai kelanjutan aksi 212.

Sebelum milad digelar. Masyarakat melaksanakan gerakan shalat subut berjamaah 1212 di Masjid PUSDAI. Gerakan shalat subuh berjamaah ini adalah atas prakarsa Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF - MUI). Kegiatan salat Subuh 1212 yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada Senin, 12 Desember 2016, merupakan awal dari gerakan revolusi umat muslim.

Saya Beserta keluarga tidak mengikuti shalat subuh berjamaah di PUSDAI, namun Shalat subuh di daerah kami yang berada di Kota Cimahi. Sehingga saat kami datang kira-kira pukul 5, langsung menuju lapangan Gasibu. Ternyata di sana sudah ramai orang dengan berpakaian serba putih memadati daerah sekitar Gasibu.

Jalan sehat sehati
Saat jalan sehat sehati
Tepat pukul 6, panitia Milad mengajak para peserta jalan santai Sehati untuk menuju jalan Dipenogoro yang terletak di depan Gedung Sate. Saya merinding melihat begitu banyaknya umat Islam yang mengikuti acara ini. Meski acara jalan santai namun nuansa religi begitu kuat apalagi saay masa berkumpul di depan gedung sate dipimpin oleh Aa Gym yang memandu acar tersebut.

Gema Takbir selalu hadir saat Aa Gym mengatur massa untuk tenang, saat itu Aa menjelaskan bahwa kegiatan jalan santai sehati diikuti juga oleh kaum disabilitas. posisi kaum disabilitas diposisikan di depan peserta lainnya. Sambutan diberikan pula kepada Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heriawan (Aher) dan Kapolri Tito Karnavian yang mendapat sambutan hangat peserta jalan santai Sehati.

Jalan santai dimulai setelah peserta shalat subuh berjamaah dari Pusdai telah sampain ke jalan dipenorogo. Jalan santai ini begitu indah, sambil berjalan, kami melafadkan dzikir kepada Alloh,,,

Adapun rute jalan sehat dimulai dari depan Gesung Sate menuju jalan Cisangkuy, Jalan Cimanuk, Jalan Mandiri, Jalan Cimalaya, Jalan Diponegoro, dan kembali lagi ke lapang Gasibu melalui pintu barat.

Saat sampai di pintu barat Gasibu kami disambut dengan pemberian roti dan minuman gratis... Alhamdulillah capek hilang dengan seteguk minuman teh segar dan roti....

Tabligh Akbar di Gasibu 1212
Tabligh Akbar di Gasibu
Seluruh peserta jalan sehat mulai berkumpul di lapangan, ribuan orang berkumpul di Lapangan Gasibu, Kota Bandung dengan dominasi warna putih. Massa berkumpul dengan berdiri menghadap ke panggung. Ada juga beberapa stan di sekeliling lapangan.

Tak lama berselang, Aa Gym pun naik ke panggung dengan mengucapkan salam. Dilanjutkan dengan pembacaat ayat suci Al Qur'an Surat Arrahman oleh Syekh Ali Jaber. Setelah membaca Ayat Suci Alqur'an, beliau bercerita tentang profil atau autobiografi singkat dirinya mulai lahir hingga sekarang. Selain membaca Alqur'an, beliau juga membagikan sejumlah Al Qur'an Braile untuk penyandang Disabilitas khususnya tuna netra.

Tak luput, satu persatu tamu undangan yang merupakan tokoh terkenal yang ada dipanggung dipersilahkan untuk memberikan sambutannya. Mereka di antaranya Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan itu beberapa toloh tersebut menyumbangkan hadiah Umroh gratis kepada para peserta jalan sehat sehati. Sambutan terasa begitu santai dengan candaan Aa Gym kepada para tokoh yang tak segan-segan memanggil dengan dek (Adik, red) kepada Tito Karnavian dan Aher karena memang dari segi umur, Aa Gym lebih tua.

Selain itu hadir pula Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF-MUI) Bachtiar Nasir yang mengatakan bahwa kegiatan salat Subuh 1212 yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada Senin, 12 Desember 2016, merupakan awal dari gerakan revolusi umat muslim. Ciri Khas Kiayi Bachtiar Nasir yang tegas dan berapi-api sangat menggetarkan hati saya dan seluruh peserta.

Acara ditutup dengan do'a, dan pengundian hadiah umroh gratis kepada para peserta. Banyak peserta yang tidak naik ke panggung saat dibacakannya nomor undian, sehingga Panitia mengatakan akan mempublis list atau daftar pemenang umroh gratis milad DT ke-26 di Website Daaruttauhuiid di www.daaruttauhuiid.org. Panglima TNI, Gatot Nurmantyo dan Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab Batal Hadiri Milad Daarut Tauhid ke-26 ini.

2 Responses to "Mengikuti Milad Daarut Tauhiid ke-26 dengan Jalan Sehat Sehati & Tabligh Akbar "

  1. Wah seru tu pasti, tapi kok kya nya isi pejalan kakinya rata2 ibu2 sama bapak2 itu teh? Hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seru, baru kali ini jalan sehat bayakan... sebenernya sih banyak juga ABG & anak2.. cetutup kali sama bapak2 & ibu2nya

      Delete

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya