Begini Cara Mengaktifkan HTTP ke HTTPS TLD di Blogger

blog teh enur
Beberapa hari yang lalu saya membaca salah satu post di komunitas Indonesian AdSense Publisher Discussion (IAPD) yang menceritakan tentang sudah Supportnya Blogger untuk blog yang sudah Memiliki domain sendiri atau yang lebih dikenal dengan Top Level Domain (TLD).

Setelah saya baca beberapa komentar dari anggota di grup tersebut, dapat disimpulkan bahwa memang benar sekarang blogger sudah support SSL HTTPS gratis untuk pengguna domain khusus (top level domain/TLD ). Sebelumnya fitur tambahan sertifikat keamanan SSL Blogger memang sudah support namun hanya untuk blog yang masih memakai subdomain blogspot (xxx.blogspot.com). Sehingga pemilik blog harus membeli tambahan SSL keamanan pada situs pihak ketiga seperi cloudflare.

Namun kini pengguna Blogger.com tidak perlu lagi membeli SSL dari pihak ketiga karena sudah diberikan secara gratis. Sebenarnya fitur ini sudah dirilis sejak bulan november 2017, namun sepertinya masih banyak blogger yang belum mengetahuinya.
"HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol yang merupakan protokol untuk mengatur komunikasi antara client dan server. Dalam hal ini, client adalah browser atau perangkat yang dapat menampilkan konten web. Sedangkan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah versi aman dari HTTP." (Tekno Jurnal)

Bagaimanakah cara mengaktifkannya? berikut ini saya jelaskan...

1. Masuk ke Blogger dengan mengetikkan https://draft.blogger.com/ di browser anda, kemudian pilih setelan (gambar roda gigi). Maka akan terlihat tampilannya seperti gambar di bawah ini.

2. Setelah muncul tampilan seperti di atas, perhatikan pada "ketersediaan HTTPS" kemudian klik kotak yang ada tulisan "Tidak". Rubah menjadi "Ya". Selanjutnya tampilan pada "Ketersediaan HTTPS" akan berubah dan muncul tulisan "Ketersediaan HTTPS sedang diproses. Periksa kembali nanti.".
3. Blogger perlu waktu beberapa menit untuk perubahan HTTP ke HTTPS, setelah beberapa saat coba reload laman Blogger sehingga tampilan pada "ketersediaan HTTPS" berubah menjadi "ya". Bisa dilihat seperti gambar di bawah.
4. Langkah terakhir adalah dengan merubah "Pengalihan HTTPS", klik kotak "Tidak" kemudian rubah menjadi "Ya". Setelah itu tampilan blogger menjadi seperti di bawah ini.

Dengan berubahnya tampilan blogger seperti di atas, maka anda telah berhasil merubah HTTP blog anda menjadi HTTPS. Terdapat juga notifikasi dari blogger di bagian "Pengalihan HTTPS":

Jika pengalihan HTTPS diaktifkan: Pengunjung blog akan selalu membuka https://www.domainanda.com

Jika pengunjung yang membuka http://www.domainanda.com akan dilayani melalui sambungan yang tidak dienkripsi, yakni HTTP.
Pengunjung yang membuka https://www.domainanda.com akan dilayani melalui sambungan yang dienkripsi, yakni HTTPS. Pelajari lebih lanjut

1 Response to "Begini Cara Mengaktifkan HTTP ke HTTPS TLD di Blogger"

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya