Pertama Kali Nginap di Hotel Madinah? Pelajari dulu Hal ini Agar Tidak Terlihat Kampungan

Bagi anda yang pertama kali akan berangkat ke tanah Suci Madinah, dan belum pernah menginap di hotel Berbintang (Bintang lima) tentu akan asing dengan berbagai fasilitas yang disediakan di hotel tempat menginap. Hal ini pernah saya rasakan saaat melakukan perjalanan umroh bersama MQ Travel tahun 2017 lalu.

Agar anda tidak disebut kampungan, ada baiknya pelajari dulu hal-hal yang akan anda temui di sana, karena banyak hal-hal yang tidak akan anda temui di tanah air.


Kunci Kamar
Kunci kamar hotel bentuk kartu ATM
Penggunaan Kunci kamar hotel bentuk kartu ATM
Saat tiba di Madinah, saya dan teman sekamar mendapatkan kunci kamar hotel, masing-masing mendapatkan satu kunci. Dalam kunci dersebut terdapat nomor kamar, bila terdiri dari tiga digit maka angka pertama menunjukkan nomor lantai sedangkan dua nomor dibelakangnya adalah nomor kamar. Misalnya 729, maka kamar kita terletak di lantai 7 dan nomor kamar 29.

Perlu diketahui bahwa kunci kamar yang ada di Hotel berbeda dengan kunci kunci yang biasa digunakan. Kunci ini berbentuk kartu seukuran KTP yang memiliki bagian untuk digesek oleh alat pemindai magnetik di setiap pintu kamar hotel.

Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan kartu tersebut ke lubang yang tersedia seperti anda memasukkan kartu ATM ke mesin ATM, untuk diperhatikan bahwa jangan lama memasukkan kartu, bila lampu indikator sudah menjai biru/hijau segera cabuk kartu dan buka pintu segera.   Atau juga ada yang dengan menempelkan kartu ke bagian atas gagang daun pintu. Setelah anda menasukkan kartu, maka lampu indikator yang asalnya berwarna merah akan berubah menjadi hijau, ini pertanda bahwa kunci telah terbuka dan pintu dapat dibuka.

Setelah pintu terbuka, anda akan melihat ruangan dalam keadaan gelap. Letakkan kartu tadi di kotak kecil yang nempel di dinding kamar, ini adalah saklar lampu yang akan menyalakan lampu bila kita memasukkan kartu/ kunci tadi ke dalamnya.Selanjutnya biarkan kartu di tempat tadi, karena kalau dicabut maka lampu akan mati mebali.

Saat anda akan keluar kamar, cabut dan bawa kunci pintu keluar pintu untuk digunakan lagi saat akan masuk pintu kamar.


AC (Air Conditioning) 

AC (Air Conditioning)  adalah penyejuk ruangan, umumnya AC di kamar hotel tidak menggunakan remote control untuk mengoperasikannya. Anda dapat menyelakan atau mematikan AC dengan perangkat yang menempel di dinding kamar, cari saja in Sya Alloh ketemu.


Kamar mandi

toilet al eiman taibah hotel medina

Ada beberapa fasilitas yang diberikan dikamar mandi seperti bathup, washtafel, kloset duduk dan hairdryer. Perlengkapan mandi bisa digunakan secara gratis, seperti: sabun, sampo dan sikat gigi. Biasanya perlengkapan mandi tersebut diletakkan di wadah kecil atau di dalam kotak karton.
 

Bedakan antara keset dan handuk. Biasanya bentuknya mirip. Keset yang terlipat diletakkan di dekat bak berendam (bathup), sedangkan handuk terlipat diletakkan di bagian atas, bisa di atas toilet atau bathtub, atau diatas tempat tidur. Handuk bisa minta diganti dengan cara meletakkan handuk yang ingin diganti ke lantai. Pihak hotel akan sekaligus menggantinya ketika membersihkan kamar. Namun disarankan untuk tidak terlalu sering mengganti handuk, yang artinya lebih hemat air dan berkontribusi terhadap lingkungan dengan mengurangi penggunaan detergen.



Toilet
Toilet duduk di Madinah
Toilet duduk
Hotel-hotel yang ada di kota Madinah, umumnya menggunakan toilet duduk dalam setiap kamar mandi. Saat anda akan BAB, anda tinggal duduk saja. Setelah selesai ambil selang penyemprot untuk cebok, selang ini berada di pinggir sebelah kanan toilet. Setelah selesai tekan tombol kedalam atau mengangkat tuas yang ada dibelakang kloset duduk.


Kamar mandi kering

Di dalam sebuah kamar mandi, disediakan kamar mandi kering di hotel. Mandi dapat dilakukan dengan shower atau dengan berendam di bathup. Untuk berendam di bathtub, sebelumnya harus menampung air secukupnya lalu masuk ke dalamnya dan berendam.


Shower dapat digunakan dengan mengangkat tuas yang ada diantara kran air panas dan air dingin.
Jangan lupa menutup bathup dengan meletakkan tirai disisi dalam bathup. Hal ini untuk mencegah air keluar kesisi luar bathup agar kamar mandi tetap kering, tidak becek, sehingga tidak mudah terpeleset.


Kran kamar mandi. Kamar mandi hotel juga difasilitasi oleh air dingin dan air panas. Air dingin bisa didapatkan dari kran dengan tanda warna biru. Air panas didapatkan dari kran dengan tanda warna merah. Untuk mendapatkan suhu/kehangatan air yang pas, terlebih dahulu putar kran air dingin kemudian putar kran air panas perlahan-lahan sampai didapatkan kehangatan yang sesuai dengan kebutuhan.



Telepon di dalam kamar


Telepon yang sudah disediakan di dalam kamar hotel dapat digunakan antar kamar dan tidak dikenai biaya alias gratis. cara menggunakannya adalah dengan menekan tombol yang sesuai dengan nomor kamar yang akan kita tuju. Sedangkan telepon keluar (telp lain dalam kota, luar kota maupun HP) dikenai biaya.


Hal lain yang perlu diperhatikan:
  • Meskipun membersihkan kamar menjadi tanggungjawab petugas hotel, namun kita sebagai muslim harus peduli dengan kebersihan. Di dalam kamar tidak diperkenankan mer0k0k.
  • Jangan membawa pulang handuk, keset, hair dryer atau barang-barang lain di hotel yang merupakan inventaris/peralatan hotel. Pihak hotel akan melakukan pengecekkan barang-barang tersebut saat peserta check out. Jika didapati ada barang yang hilang, pihak hotel akan memberikan denda kepada Panitia. Panitia akan meminta peserta yang menempati kamar tersebut untuk membayar biaya denda kehilangan barang kepada pihak hotel sesuai jumlah yang ditagihkan.

0 Response to "Pertama Kali Nginap di Hotel Madinah? Pelajari dulu Hal ini Agar Tidak Terlihat Kampungan"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya