Inilah Makam Nabi Muhammad SAW Di Masjid Nabawi, Kota Madinah

Makam Nabi Muhammad SAW

Makam Nabi Muhammad SAW terletak di kompleks Masjid Nabawi, Saudi Arabia tepatnya di sebelah utara. Sebelum diperluas Makam Rasulullah dinamakan Masqurah. Setelah masjid Nabawi diperluas, makam Nabi Muhammad menempel dengan bangunan masjid sebelah utara dengan kubah berwarna hijau.

Kubah hijau yang dikenal dengan nama Kubah Khudra dibangun pada masa pemerintahan Sultan Mahmud (1233 H), dan kini menjadi ciri khas atau identitas Masjid Nabawi.

Di samping makam Rasulullah, ada makam Abu Bakar Sidiq dan Umar bin Khattab. Saat Masjid Nabawi diperluas, maka rumah Aisyah posisinya berada di dalam kompleks Masjid Nabawi.

Letak makam Rasulullah, Abu Bakar dan Umar tepat bersebelahan dengan wilayah Raudhah.

(Baca juga: "Biografi Nabi Muhammad S.A.W - Nabi dan Rosul Terakhir; Panutan Bagi Seluruh Umat Manusia")

Dikutip dari buku 'Amalan di Tanah Suci: Membantu Haji & Umrah Anda Lebih Produktif' karya H Rafiq Jauhary, Jumat (23/9/2016), makam Rasulullah dulunya tidak berada di dalam masjid, namun ada di dalam rumah Aisyah. Makamnya berupa gundukan tanah setinggi dua jengkal.

Selanjutnya di masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz (91 H), dibangun tembok tinggi sekitar 6,5 m di sekeliling makam Rasulullah (sekat mukhamas). Mukhamas ini tak beratap dan tak berpintu agar orang sulit melihat ke dalam. Untuk mengamankan dari pencurian, atas inisiatif Sultan Nuruddin (577 H) makam Rasulullah sekelilingnya dicor dengan timah. (berbagai sumber)

keajaiban makam rasulullah, makam rasulullah dibuka, makam nabi muhammad saw video, makam rasulullah saw photo, pencurian jasad nabi muhammad saw, letak makam nabi muhammad saw, makam nabi muhammad saw asli


0 Response to "Inilah Makam Nabi Muhammad SAW Di Masjid Nabawi, Kota Madinah"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya