Kunci Jawaban, Soal, & Materi SD / SMP / SMA di TVRI Rabu, 22 April 2020

Program Belajar dari Rumah (selanjutnya disebut BDR) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemik COVID-19. Tayangan dalam program BDR meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, serta SMA/SMK dan sederajat.

Rabu, 22 April 2020 merupakan hari ketiga pada pekan kedua tayangan program Belajar Bersama dari rumah yang ditayangkan Televisi nasional TVRI.

Sebelum kita menuju Kunci Jawaban Soal Materi SD/SMP/SMA di TVRI Rabu, 22 April 2020, berikut ini kami sampaikan Jadwal program / Acara TVRI untuk hari Rabu, 22 April 2020:
  • Pukul 08.00 - 08.30 WIB,  PAUD/Sederajat,  Jalan Sesama.
  • Pukul 08.30 - 09.00 WIB, Kelas 1, 2, dan 3 SD/MI/Sederajat materinya, Puisi Nisa Juara.
  • Pukul 09.00 - 09.30 WIB Kelas 4, 5, dan 6 SD/MI/Sederajat Pelajaran Sejarah dan Budaya Maluku
  • Pukul 09.30 - 10.00 WIB,  Kelas 7, 8, dan 9  SMP/MTs/Sederajat palajaran Pelangi Nusantara: Tradisi Lenggang Nyai.
  • Pukul 10.00 - 10.30 WIB, Kelas 10, 11, dan 12 SMA/SMK/MAN/Sederajat, materinya Negeriku Maritim: Potensi Sumber Daya.
  • Pukul 10.30 - 11.00 WIB tayangan untuk Guru/Orangtua/Keluarga Indonesia tema: Menanamkan Nilai-Nilai pada Anak.
  • Pukul 21.30-23.30 tayangan Film Nasional: Garasi

Untuk lebih lengkapnya tentang "Tayangan program / Acara TVRI untuk hari Rabu, 22 April 2020" silahkan DOWNLOAD DI SINI

Belajar di rumah bersama TVRI

Kunci Jawaban Soal Materi SD / SMP / SMA di TVRI Selasa 21 April 2020

SD, kelas 1-3

Sahabat Pelangi: Puisi Nisa Juara

Pertanyaan:
  1. Bagaimana teman yang baik menurutmu?
  2. Bagaimana pendapatmu tentang sikap Wayan terhadap Nisa?
  3. Menurutmu, bagaimana cara membuat puisi? Buatlah sebuah puisi tentang keindahan alam Indonesia!

Jawaban:
  1. Teman yang baik adalah teman yang selalu ada saat senang maupun susah, ia selalu mengajak kepada kebaikan dan menjadikan kita lebih dekat dengan Tuhan ( Khusus muslim dekat dengan Allah)
  2. Sikap Wayan terhadap Nisa adalah sikap yang kurang baik, sebagai teman ia bukannya mendukung teman (Nisa) yang sedang dalam kesedihan (kalah dalam lomba menulis Puisi) malah mengejek. Sikap Wayan tidak patut ditiru.
  3. Menurutku, cara membuat puisi adalah pertama-tama tentukan dulu tema dan judul puisi yang akan kita buat. Lalu mencari kata-kata yang berhubungan dengan tema puisi. Dalam membuat puisi sebaiknya menggunakan gaya bahasa, tak lupa untuk berusaha menjadikan puisi yang indah.
 
SD, kelas 4-6
Sejarah dan Budaya Maluku

Pertanyaan:
  1. Bagaimana cara membudidayakan tanaman buah pala?
  2. Soya-Soya merupakan salah satu tarian yang berasal dari daerah Maluku Utara. Apa yang harus kamu lakukan untuk melestarikan budaya nasional seperti tari Soya- Soya?
  3. Apa nasihat yang terdapat dalam lagu “Rasa Sayange”? Nyanyikan lagu “Rasa Sayange” di depan ayah bundamu!

Jawaban:
1. Cara membudidayakan tanaman buah pala adalah dengan cara generatif (biji) dan juga dengan vegetatif.

2.  Hal yang harus dilakukan untuk melestarikan budaya nasional adalah:
  • Mau mempelajari budaya tersebut.
  • Ikut berpartisipasi jika ada kegiatan.
  • Mengajarkaan budaya tersebut kepada generasi selanjutnya.
  • Mencintai budaya tanpa merendahkan budaya lain.
3. Nasihat yang terdapat dalam lagu “Rasa Sayange” adalah: hubungan sosial antar manusia dan rasa sayang terhadap lingkungan.


SMP, kelas 7-9
Pelangi Nusantara: Tarian Lenggang Nyai

Pertanyaan:
  1. Apakah keunikan Tari Lenggang Nyai?
  2. Apakah perbedaan pola lantai tari tradisional dan tari kreasi?
  3. Ceritakan sinopsis dari Tari Lenggang Nyai?

Jawaban:
  1. Keunuikan dari Tari lenggang nyai adalah: dalam tarian tersebut terdapat perpaduan unsur budaya cina dan betawi dalam busana yang dikenakan. Dan gerakannya menggambarkan karakter dan cerita dari nyai desimah.
  2. Perbedaan pola lantai tari tradisional dan tari kreasi : pola lantai pada tari tradisional berdasarkan pola yang sudah ada, sedangkan pada tari kreasi pola berdasarkan pola yang sudah ada ataupun pola yang dapat diubah.
  3. Tari Lenggang Nyai adalah salah satu kesenian tari masyarakat Betawi di Jakarta yang terinspirasi dari kisah hidup Nyai Dasimah. Menurut cerita yang beredar, Nyai Dasimah merupakan seorang wanita cantik dari Betawi yang berada dalam kebingungan untuk memilih pendamping hidupnya.

SMA, kelas 10-12
Negeriku Maritim: Potensi Sumber Daya

Pertanyaan:
  1. (i) Dari tayangan tersebut, apakah jenis ikan yang memiliki nilai ekonomis dan gizi tinggi? (ii) Mengapa ikan-ikan tersebut dianggap memiliki nilai ekonomis tinggi? Tuliskan alasannya!
  2. Bagaimana cara membudidayakan rumput laut? Kamu bisa bertanya kepada orang tua, guru, petani rumput laut, atau mencari informasi dari sumber lainnya.
  3. (i) Dari tayangan tersebut, mengapa keramba jaring apung merupakan cara yang sangat baik untuk budidaya atau domestikasi ikan? (ii) Apa saja kegiatan yang dapat dilakukan di keramba jaring apung? (iii) Ikan apa yang akan kamu pilih jika ingin melakukan budidaya ikan? Berikan alasanmu!

Jawaban:
  1. (i) Jenis ikan yang memiliki nilai ekonomis dan gizi tinggi adalah kelompok Ikan Pelangis dan kelompok Ikan Demersal. Jenis ikan yang termasuk kelompok ikan pelangis adalah jenis tuna yaitu: ikan tuna mata besar, ikan Madidihang, ikan Albakora, dan tuna cakalang. Jenis ikan yang termasuk kelompok ikan demersal adalah: kakap merah, kakap putih, kerapu, bawal hitam, bawal putih, ekor kuning, ikan sebelah, koro, pari, cucut. (ii) Ikan-ikan tersebut dianggap memiliki nilai ekonomis tinggi karena ikan tersebut berharga tinggi dan memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
  2. Metode membudidayakan rumput laut di lautan ada 3 cara yaitu rakit apung, lepas dasar, dan metode long line. Metode dalam membudidayakan rumput laut:
    Metode Rakit Apung biasanya digunakan pada perairan yang berkarang, sehingga penanamannya menggunakan bambu ataupun kayu.
    Metode Lepas Dasar digunakan pada perairan yang berpasir atau berlumpur pasir, agar mudah menancapkan tiang pancang.
    Metode Long Line (Tali Gantung)  menggunakan tali panjang 50-150m yang dibentangkan, pada kedua sisi diberi jangkar serta pelampung besar. Setiap 25m diberi pelampung-pelampung.
  3. (ii) Keramba jaring apung merupakan cara yang sangat baik untuk budidaya atau domestikasi ikan karena:
    ➥Dapat dilakukan di laut, sungai, dan danau.
    ➥Dengan keadaan air yang cukup tinggi dan memiliki kualitas air yang cukup memadai untuk melakukan budidaya.
    (ii) Kegiatan yang dapat dilakukan di keramba jaring apung adalah : Penebaran benih ikan, pemberian pakan ikan, pemanenan ikan hasil pembesaran.
    (iii) Ikan yang akan aku pilih jika ingin melakukan budidaya ikan adalah ikan kerapu karena  memiliki nilai ekonomis dan gizi tinggi.

0 Response to "Kunci Jawaban, Soal, & Materi SD / SMP / SMA di TVRI Rabu, 22 April 2020"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya