Soal dan Kunci Jawaban SD, SMP, SMA | Jum'at 8 Mei 2020 | Belajar dari Rumah Bersama TVRI

Belajar dari Rumah Bersama TVRI

 

SD Kelas 1-3, Jum'at 8/5

Pertanyaan :

  1. Apa yang dilakukan Wayan, Chandra, dan Nisa ketika menerima informasi yang belum jelas kebenarannya tentang Martha?
  2. Pernahkah kamu membantu temanmu, seperti yang dilakukan Wayan dan Chandra kepada Teteh Dewi? Tuliskan pengalamanmu!
  3. Bagaimana pendapatmu tentang berita yang belum jelas kebenarannya?
 

Jawaban:

  1. Ketika Wayan, Chandra dan Nisa mendengar kalau martha tidak naik kelas, mereka tidak langsung percaya, tapi mencari tahu kebenarannya. Mereka berencana ke rumah teteh Dewi untuk memastikan berita tersebut. Selanjutnya Mereka juga langsung menanyakan kebenaran berita tersebut ke Martha.
  2. Untuk soal no. 2, adik-adik bisa menceritakan pengalaman adik-adik sehari-hari, misalnya membantu teman yang sedang kesusahan atau membantu tetangga.
  3. Pendapat saya tentang berita yang belum jelas kebenarannya adalah :
    ➧ Tidak boleh langsung mudah percaya.
    ➧ Mencari sumber berita tersebut, apakah sumber berita benar
    ➧ Jangan menyebarkan berita yang belum jelas kebenarannya, apalagi terkait dengan masalah pribadi yang dapat merugikan orang lain.

 

SD Kelas 4-6, Jum'at 8/5

Pertanyaan :

  1. Berapa jumlah dari perkalian semua faktor 12 dan 15?
  2. Wati mempunyai 12 buah jeruk, 16 buah apel, dan 20 buah jambu. dengan jumlah sama banyak. Menurut Wati, dengan buah-buahan sebanyak itu, ia bisa membagikannya kepada 5 orang temannya tanpa bersisa. Apakah kamu setuju dengan perkataan Wati? Jelaskan alasanmu!
  3. Guru kelas rendah mendapat tugas piket setiap 2 hari, guru kelas tinggi mendapat tugas piket setiap 4 hari, guru olahraga mendapat tugas piket setiap 5 hari. Pada tanggal 18 April 2020, mereka piket bersama. Apakah mungkin mereka akan piket bersama kembali di bulan April 2020? Jelaskan alasanmu!

 

Jawaban:

  1. Jumlah dari perkalian faktor 12 adalah 3 yaitu 12×1, 6×2, 3×4
    Jumlah dari perkalian faktor 15 adalah 2 yaitu 5×3, 1×15,
    Jumlah dari perkalian semua faktor 12 dan 15 adalah 3 + 2 = 5
  2. Bila seluruh buah dibagi 5 teman:

    Jumlah seluruh buah-buahan:
    = 12+16+20
    = 48

    Jumlah teman adalah 5, jadi:
    48/5 = 9,6 disini masih ada sisa

    ================

    Bila per jenis buah dibagi 5 teman:
    12/5=2,4 tetap masih ada sisa
    16/5=3,2 tetap masih ada sisa
    20/5=4 tetap masih ada sisa

    Meski buah di bagi secara total ataupun per jenis buah... tetap saja masih ada sisa, jadi saya tidak setuju dengan perkataan wati yang mengatakan ia bisa membagikannya buah-buahan kepada 5 orang temannya tanpa bersisa.
  3. Tidak mungkin mereka akan piket bersama kembali di bulan April 2020, berikut ini penjelasannya dan langkah-langkahnya:

    KPK 2, 4, dan 5
    2=2
    4=2²
    5=5

    KPK : 2²×5
    4×5
    20

    18 April+20 hari=8 Mei

    Jadi, mereka tidak akan piket bersama lagi di bulan April

 

SMP/MTs Kelas 7-9, Jum'at 8/5

Pertanyaan :

  1. Hutan tropis Kalimantan memiliki keragaman hayati yang besar. Setujukah kamu? Berikan pendapatmu!
  2. Jika pepohonan dengan diameter besar habis ditebang atau terbakar, apa yang akan terjadi dengan ekosistem di sekelilingnya?
  3. Mengapa penduduk banyak yang tinggal di bantaran sungai?

 

Jawaban:

  1. Saya setuju hutan tropis Kalimantan memiliki keragaman hayati yang besar, karena Kalimantan merupakan salah satu tempat di Indonesia yang memiliki banyak aneka flora dan fauna yang beragam. Di antara floradan fauna tersebut termasuk langkah dan unik.
  2. Jika pepohonan dengan diameter besar habis ditebang atau terbakar maka akan mempengaruhi keseimbangan ekosistem di sekelilingnya, tanah akan kehilangan kekuatannya sehingga bila ada hujan lebat akan terjadi banjir, dan longor. Bukan cuma itu saja, flora dan fauna lain akan kehilangan habitat asli dan sumber makanan, maka lama-lama mereka akan punah. Pohon adalah penyumbang oksigen bagi lingkungannya dan penyerap karbondioksida, maka bila pohon-pohon ditebang suhu udara di sekitarnya menjadi panas karena kekurangan oksigen.
  3. Penduduk banyak yang tinggal di bantaran sungai karena sungai adalah sumber kehidupan bagi mereka.

    Sungai adalah tempat manusia bisa mencari sumber makanan seperti ikan dan kerang. Sungai juga menyediakan air yang melimpah. Kawasan lembah sungai juga menawarkan kesuburan tanah sehingga beragam tanaman mudah dijumpai. Selain itu, pada masa bercocok tanam, air juga dijadikan sebagai sarana irigasi dan transportasi sehingga hidup dekat dengan sungai adalah pilihan terbaik.

 

SMA/SMK Kelas 10-12, Jum'at 8/5

Pertanyaan :

  1. Jelaskan bagaimana cara astronaut tetap dapat beraktivitas di luar angkasa!
  2. Tuliskan makna atau arti kata-kata berikut: meteor, atmosfer, bumi, planet, dan heat shield. Setelah kamu mengetahui artinya, buatlah kalimat dengan kata-katamu sendiri.
  3. Bagaimana proses matahari bisa bersinar di siang hari dan bulan bersinar di malam hari? Tuliskanlah jawabanmu dengan menggali informasi dari berbagai sumber! Jangan lupa untuk menuliskan pula sumbernya.
 

Jawaban:

  1. Agar astronaut tetap dapat beraktivitas di luar angkasa, mereka memakai pakaian yang dilengkapi dengan: pakaian lapis pertama yang dapat menyerap keringan secara merata ke seluruh tubuh dan dilengkapi dengan selang-selang yang berisi cairan pendingin untuk menjaga suhu tubuh astronot agar berada di suhu yang normal, popok khusus yang yang memiliki daya serap maksimal, alat komunikasi, Pakaian lapis kedua yang yang memiliki tempat minum yang menempel di tubuh dihubungkan dengan sedotan, terdapat tabung oksigen yang dipasang dipunggung, dan sirkulasi udara.
  2. Meteor : Meteor adalah penampakan jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer bumi, lazim disebut sebagai bintang jatuh. Penampakan tersebut disebabkan oleh panas yang dihasilkan oleh tekanan ram pada saat meteoroid memasuki atmosfer. Meteor tidak memiliki cahaya sendiri. Meteoroid yang tidak habis terbakar dalam perjalanannya di atmosfer dan mencapai permukaan bumi disebut meteorit.

    Atmosfer : Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. Di Bumi, atmosfer terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan Bumi. Atmosfer mengandung campuran gas-gas yang lebih dikenal dengan nama udara dan menutupi seluruh permukaan bumi. Lapisan atmosfir terdiri dari :  Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan Ionosfer.

    Bumi : Bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian Tata Surya. Bumi terkadang disebut dengan dunia atau Planet Biru yang menjadi tempat hidup berbagai mahluk hidup.

    Bumi dapat berputar sendiri pada porosnya (rotasi), lama 1 kali rotasi adalah 24 jam (1 hari) sehingga bumi memiliki waktu siang dan malam. Bumi juga mengelilingi matahari (revolusi), satu kali revolusi memerlukan waktu selama 365 1/4 hari yang dibulatkan menjadi 356 hari atau yang dinamakan satu tahun.

    Planet : Planet adalah benda astronomi yang mengorbit sebuah bintang atau sisa bintang yang cukup besar untuk memiliki gravitasi sendiri. Memiliki.

    Heat shield :  Lapisan khusus untuk melindungi pesawat ulang alik dan kapsul luar angkasa dari panas yang ditimbulkan oleh gesekan kulit pesawat dengan lapisan udara yang ada di lapisan atmosfer, Heat shield biasanya terdapat di bagian bawah pesawat.
  3. Proses matahari bisa bersinar di siang hari : Revolusi Matahari ke barat mengitari bumi setelah keluar dari horizon disebabkan rotasi Bumi ke timur, sebuah revolusi berlawanan jarum jam ketika dilihat dari atas Kutub Utara. Rotasi bumi ke timur mengakibatkan perubahan siang dan malam, saat sinar matahari mengenai sebagian bumi itulah yang dinamakan siang hari. (sumber : http://wikipedia.org)

    Proses bulan bersinar di malam hari : Bulan bercahaya karena di sinari oleh cahaya matahari. Cahaya bulan memiliki fase seperti bulan purnama, bulan kuartal, bulan sabit dan bulan mati diakibatkan Orbit bulan antara 29,5 hari terhadap Bumi.

    Cahaya bulan akan bersinar paling terang bila terlihat di sudut hampir 180 derajat. Posisi tersebut ketika bulan berada seperti tegak lurus antara matahari, bumi dan bulan. Disebut bulan purnama dimana seluruh lingkaran bulan seperti terlihat bersinar penuh.

    Fase bulan baru disamakan bulan tidak akan terlihat, karena bulan berada dekat di antara matahari sehingga cahayanya tidak akan terlihat dari bumi. Sehingga sisi bulan yang memantulkan cahaya matahari berada di bagian sebagai cermin menghadap jauh dari bumi. (Sumber: http://www.obengplus.com)

0 Response to "Soal dan Kunci Jawaban SD, SMP, SMA | Jum'at 8 Mei 2020 | Belajar dari Rumah Bersama TVRI "

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya