Tutorial Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dan Diskon 50 Persen dari PLN

Presiden Joko Widodo mengumumkan pembebasan serta diskon tarif listrik sebagai bantuan pemerintah atas dampak pandemi virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19.
Jokowi menyebutkan, pembebasan dan diskon tarif listrik ini diberikan sebagai bantuan atas dampak kebijakan pembatasan sosial skala besar yang diterapkan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pembebasan tarif berlaku selama tiga bulan bagi pelanggan 450 VA. Pelanggan akan digratiskan selama tiga bulan ke depan, yaitu untuk bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Sementara itu, diskon 50 persen diberikan kepada para pelanggan 900 VA. Diskon juga diberikan selama tiga bulan, hanya membayar separuh untuk bulan April, Mei, dan Juni 2020.


Cara Mengisi Token Listrik Gratis prabayar

Token Gratis dari PLN untuk Pelanggan Rumah Tangga Prabayar 450 VA dan 900 VA Subsidi kini sudah dapat diakses.

Pelanggan dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir untuk Pelanggan 450 VA dan sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan 900VA bersubsidi, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Mekanisme website dengan care:
  1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
  2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
  3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Melalui aplikasi WhatsApp :
  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Chat WhatsApp ke 081 22-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
  3. Token gratis akan muncul
  4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Listrik Gratis  Reguler (pascabayar)

Para pelanggan daya 450 VA kategori pascabayar akan otomatis langsung mendapatkan pembebasan tagihan biaya listrik pada bulan April, Mei dan Juni 2020.

Baca: Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jabar

Sementara pelanggan daya 900 VA bersubsidi kategori pascabayar bisa mendapatkan diskon tarif listrik 50 persen juga secara otomatis pada bulan April, Mei dan Juni 2020. Nilai rekening tagihan biaya listrik pelanggan daya 900 VA bersubsidi kategori pascabayar akan dikurangi 50 persen pada setiap bulan. Terhadap pelanggan daya 900 VA bersubsidi kategori prabayar, PLN akan memberikan token listrik dengan harga diskon 50 persen senilai pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan, atau paling lambat tangga! 11 April seluruh pelanggan yang digratiskan sudah dapat terlayani seluruhnya.

Sumber: IG PLN cirebon

0 Response to "Tutorial Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dan Diskon 50 Persen dari PLN"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya