Kunci Jawaban SD-SMP-SMA Program Belajar TVRI Jumat, 17 April 2020

Berikut ini Pertanyaan dan jawaban Program Belajar di Rumah Melalui TVRI Hari ini Jum'at 17 April 2020.

Kunci Jawaban SD-SMP-SMA Program Belajar TVRI Jumat, 17 April 2020

SD Kelas 1-3 | Jumat 17/4
Sahabat Pelangi: Panen Mangga

Pertanyaan :
  1. Bagaimana pendapatmu kalau di lingkunganmu ada Taman Bacaan?
  2. Jelaskan 3 kebiasaan hidup musang!
  3. Apa manfaat kita makan buah?

Jawaban:
  1. Tentu saja senang, karena dengan adanya taman bacaan di lingkungan Saya maka tidak perlu jauh-jauh bila ingin membaca buku. Selain gratis, taman bacaan tersebut bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan kepada lingkungan sekitar.
  2. Kebiasaan hidup musang adalah:
    1. Musang hidup di malam hari dan bersembunyi di siang hari.
    2. Musang makan buah-buahan.
    3. Musang tinggal dari satu pohon ke pohon yang lain dan juga di loteng.
  3. Manfaat kita makan buah-buahan adalah karena buah-buahan dapat menjaga kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh karena buah-buahan banyak mengandung vitamin, mineral, dan zat besi, salah satunya C.

SD Kelas 4-6 | Jumat 17/4
Gemar Matematika Bersama Pak Ridwan: Pengolahan Data (mean, median, modus)

Pertanyaan :
  1. Coba tanya dan catat usia orang-orang yang ada di rumahmu. Hitunglah berapa rata-rata usia orang yang ada di rumahmu!
  2. Dari daftar usia yang telah kamu catat sebelumnya, urutkan data dari yang paling kecil ke paling besar. Tentukan usia berapa yang menjadi nilai tengah dari data yang telah kamu susun!
  3. Coba cek rapor kamu. Catat nilai-nilai yang kamu peroleh di kelas sebelumnya. Berapakah nilai yang paling sering muncul?

Jawaban:
  1. Ayah = 45 tahun, Ibu = 37 tahun, Aku = 10tahun, dan adik 5 tahun.
    Rata-rata usia: = (jumlah seluruh usia) : Jumlah orang
    = (45+37+10+5) : 4
    = ( 97) : 4
    = 24,25
    Maka rata-rata usia orang yang ada di rumahku adalah 24,25
  2. Pengelompokanusia dari terkecil sampai yang terbesar : 5 tahun>10tahun>37 tahun>45 tahun
    Me = = (n/2 + (n/2 + 1)) / 2
    = (24+24) / 2
    = 24
    Maka usia yang menjadi nilai tengah dari data yang telah disusun adalah 24
  3. Nilai-nilai yang Saya peroleh di kelas sebelumnya adalah : 90, 87, 78, 76, 85, 86, 84, 79, 83, 85, 84, 85, 78, 85
    90 = muncul 1x
    87 = muncul 1x
    86 = muncul 1x
    85 = muncul 4x
    84 = muncul 2x
    83 = muncul 1x
    79 = muncul 1x
    78 = muncul 2x
    76 = muncul 1x

    Jadi, modus atau nilai yang paling sering muncul pada data nilai rapor saya adalah 85, karena nilai 85 muncul sebanyak 4 kali. 

SMP | Jumat 17/4
Kebudayaan: Ayam Betutu

Kedua pertanyaan di akhir semua segmen video
  1. Praktikkan cara memperkenalkan kuliner Nusantara kepada orang asing sehingga ia berkenan mencoba kuliner Nusantara!
  2. Adakah kuliner Nusantara yang pernah kamu cicipi? Berikan pendapatmu tentang kuliner Nusantara tersebut dan bagaimana kuliner Nusantara tersebut dapat bertahan di era milenial seperti sekarang.

Jawaban:
  1. Cara memperkenalkan kuliner Nusantara kepada orang asing adalah dengan mengajak orang asing itu mencicipi kuliner Nusantara dengan cara yang menarik, seperti dengan mengemukakan rasa dari kuliner tersebut, cara pembuatannya, dan bahan-bahan yang digunakan.
  2. Ya ada, salah satunya adalah surabi yang berasal dari Jawa Barat.

    Surabi merupakan jajanan pasar tradisional yang hampir ada di seluruh tanah Pasundan. Terdapat dua jenis serabi yang ada sejak jama dahulu, yaitu serabi manis yang menggunakan kinca (gula merah cair) dan serabi asin dengan atau tanpa taburan oncom yang telah dibumbui di atasnya.

    Di Bandung, serabi biasa dijajakan di pagi hari dan dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas. Kadang kala telur ayam yang telah dikocok ditambahkan ke atas adonan serabi yang sedang dimasak. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak yang terus berinovasi dengan menambahkan berbagai topping seperti sosis, keju, maupun mayones yang tujuannya untuk mematahkan asumsi bahwa serabi adalah makanan yang terkesan rendahan. Tempat yang menyajikan serabi dengan berbagai variasi rasa tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Bogor.

    Kuliner Nusantara tersebut dapat bertahan jika tetap dipertahankan keasliannya dan juga promosi mengenai kekhasan surabi ini perlu ditambah sehingga surabi tetap ada dan tetap dicari di era milenial ini.

SMA | Jumat 17/4
Bendera, Lambang Negara dan Pancasila (1)


Pertanyaan:
  1. Tahukah Anda siapa yang menjahit bendera merah putih? Bagaimana tanggapan Anda terhadap tokoh wanita yang menjahit bendera merah putih tersebut?
  2. Tuliskan tokoh-tokoh serta peranan mereka sehingga negara Indonesia memiliki lambang negara!
  3. Bagaimanakah sejarah lahirnya Pancasila? Tuliskanlah dengan bahasa sendiri!
  4. (1) Bagaimana tanggapan Anda terhadap video “Butir-butir Pancasila”, terutama tentang orang yang menempelkan peraturan dilarang merokok tapi ternyata orang tersebut merokok?
    (2) Manakah dari butir Pancasila yang sudah kalian lakukan dalam kehidupan sehari-hari? Tuliskanlah contohnya

Jawaban:
  1. Yang menjahit bendera merah putih adalah Fatmawati, istri dari Presiden Indonesia pertama Soekarno dan menjadi Ibu Negara Indonesia pertama.

    Ibu Fatmawati adalah sosok teladan yang sabar, tabah dan teguh. Iapun dikenal sebagai sosok pejuang kemerdekaan selama masa memperebutkan kemerdekaan. Selain sebagai Ibu Negara, ia juga berperan dalam menyiapkan dan memberikan ransum untuk pejuang di pasukan terdepan pertempuran. Fatmawati kerap juga menjadi orator ulung untuk menyemangati rakyat dan pejuang merebut kemerdekaan.
  2. Ki Hadjar Dewantara : Ketua Panitia Indonesia Raya, Muhammad Yamin : Sekretaris Panitia, Syarif Abdul Hamid Alkadrie (Sultan Hamid II) : merancang gambar lambang negara.
  3. Pancasila lahir  pada tanggal 1 Juni 1945 saat Soekarno berpidato dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan). Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal "Pancasila" pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

    Pada 6 Agustus 1945 Jepang hancur lebur pada Perang Dunia II ketika pasukan sekutu barat pimpinan Amerika Serikat menjatuhkan bom atom ke Hiroshima dan Nagasaki pada 9 Agustus 1945.

    Kekuatan dan pengaruh Jepang di Indonesia pun melemah sehingga membuat para pejuang dan pendiri bangsa Indonesia berhasil merebut dan memproklamasikan Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945. Pada 18 Agustus 1945 ditetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

    Pancasila pun resmi dan sah menurut hukum menjadi dasar negara Republik Indonesia setelah kelima silanya tersurat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia
  4. (1) Mungkin orang tersebut baru bisa memperingatkan orang lain, tapi belum bisa melaksanakannya.
    (2) Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dipeluk, menyumbang ke orang miskin dan yatim piatu, dalam pergaulan tidak memilih teman, melakukan musyawarah dalam meilih ketua kelas (KM), ikut dalam kerjabakti membersihkan lingkungan.

0 Response to "Kunci Jawaban SD-SMP-SMA Program Belajar TVRI Jumat, 17 April 2020"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan bijak, terimakasih atas kunjungannya